FAITES COMME CHEZ VOUS

Beramal dengan ilmu dan pengalaman mulai dari rencana, organisasi, kontrol sampai evaluasi. Diharapkan dapat mencerdaskan bangsa demi negara tercinta, NKRI. Semoga bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Instrumen Pengukuran Kinerja

Awal tahun, biasanya… kita disibukkan dengan merencanakan kinerja dan mengevaluasi kinerja tahun sebelumnya. Sebelum merencanakan dan mengevaluasinya sebaiknya kita mengetahui lebih dulu tentang kinerja.

Kinerja adalah hasil yang diperoleh atas pelaksanaan suatu kegiatan yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai suatu sasaran organisasi dalam kurun waktu tertentu dengan cara yang benar. Tolak ukur yang digunakan dalam pengukuran kinerja adalah indikator.

Pengukuran kinerja adalah proses sistematis dan berkesinambungan untuk menilai keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan program, kebijakan, sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan dalam mewujudkan visi, misi dan strategi instansi. Pengukuran kinerja merupakan hasil dari suatu penilaian yang sistematik dan didasarkan pada kelompok indikator kinerja kegiatan yaitu indikator masukan, keluaran, hasil, manfaat dan dampak. Artinya pengukuran ini dilakukan dengan memanfaatkan data kinerja. Data kinerja dapat diperoleh melalui dua sumber yaitu (1) Data internal, berasal dari system informasi yang diterapkan pada instansi, dan (2) Data eksternal, berasal dari luar instansi baik data primer maupun data sekunder. Pengumpulan data kinerja diarahkan untuk mendapatkan data kinerja yang akurat, lengkap, tepat waktu, dan konsisten, yang berguna bagi pengambilan keputusan dalam rangka perbaikan kinerja tanpa meninggalkan prinsip-prinsip keseimbangan biaya dan manfaat, efisien dan efektivitas.

Pengukuran kinerja mencakup : (1) kinerja kegiatan yang merupakan tingkat pencapaian target (Rencana tingkat pencapaian) dari masing-masing kelompok indikator kinerja kegiatan; (2) tingkat pencapaian sasaran organisasi yang merupakan tingkat pencapaian target (Rencana tingkat capaian) dari masing-masing indikator sasaran yang telah ditetapkan sebagaimana dituangkan dalam dokumen Rencana Kinerja. Pengukuran tingkat pencapaian sasaran didasarkan pada data hasil pengukuran kinerja kegiatan.

Pengukuran kinerja dapat dilakukan dengan Formulir, secara sederhana dapat digambarkan sebagai berikut :

  1. Tentukanlah TUJUAN yang ingin dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu tertentu. Tujuan ini mengacu pada visi dan misi organisasi serta grand strateginya.
  2. Tentukanlah SASARAN kegiatan sebagai hasil yang ingin dicapai secara nyata dalam rumusan yang lebih spesifik, terukur, dalam kurun waktu yang lebih pendek dari TUJUAN. SASARAN inilah yang akan diwujudkan pada kurun waktu tertentu beserta dengan INDIKATOR dan Rencana tingkat capaiannya (targetnya).
  3. Tentukanlah INDIKATOR kinerja sebagai ukuran kuantitatif dan kualitatif yang menggambarkan tingkat pencapaian suatu kegiatan yang telah ditetapkan. INDIKATOR kinerja yang akan ditetapkan dikategorikan berdasarkan kelompok :
    • Indikator Masukan. Indikator ini adalah segala sesuatu yang dibutuhkan agar pelaksanaan kegiatan dan program dapat berjalan atau dalam rangka menghasilkan keluaran, misalnya : sumber daya manusia, dana, material, waktu, teknologi, dan sebagainya.
    • Indikator Keluaran. Indikator ini adalah segala sesuatu berupa produk/jasa (fisik dan/atau nonfisik) sebagai hasil langsung dari pelaksanaan suatu kegiatan dan program berdasarkan masukan yang digunakan.
    • Indikator Hasil. Indikator ini adalah segala sesuatu yang mencerminkan berfungsinya keluaran kegiatan pada jangka menengah. Indikator hasil merupakan ukuran seberapa jauh setiap produk/jasa dapat memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat.
    • Indikator Manfaat. Indikator ini adalah kegunaan suatu keluaran yang dirasakan langsung oleh masyarakat. Dapat berupa tersedianya fasilitas yang dapat diakses oleh public.
    • Indikator Dampak. Indikator ini adalah ukuran tingkat pengaruh sosial, ekonomi, lingkungan atau kepentingan umum lainnya, mulai dari capaian kinerja setiap indikator dalam suatu kegiatan.
  4. Tentukanlah TARGET (Rencana Tingkat Capaian) dari masing-masing indikator. Target merupakan suatu perhitungan yang dapat dikontrol dalam pencapaiannya. Dalam menentukan target harus memperhatikan kapasitas dan sumber daya yang tersedia, baik pada kondisi saat ini maupun proyeksi realitas masa depan. Target harus dinyatakan dalam ukuran tertentu, dalam bentuk satuan output tertentu dalam capaian indikator kinerja.

Bila semua persyaratan telah terpenuhi, akan mudah lah kita mengukurnya. Nah … Selamat mencoba dan Semoga berhasil.

About these ads

Filed under: Article, Evaluasi, IBSN, , , , , , , , ,

4 Responses

  1. I am really delighted to have found an interesting article while looking for some related literature for my school work. Please allow me to cite your site as a source, with due acknowledgments. Greetings from Hungary! Creative articles like this are truly priceless materials to us researchers.

  2. Loree Wist mengatakan:

    Wow , Nice website ! How did you get so many bloggers to view your blog I’m envious ! I’m still getting to know all about blogs on the web. I’m going to look around on your blog to get a better idea how to get more visable. Thank you !

  3. cenya95 mengatakan:

    boleh juga dan harus.., saat menjalaninya… ya khan ?

  4. sarahtidaksendiri mengatakan:

    klo ditambhin konsisten gmn? :p

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan dan menerima pemberitahuan tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 957 pengikut lainnya.

Halaman

enjoy-jakarta

logo-ibsn-11

hiblogikoh

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 957 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: