FAITES COMME CHEZ VOUS

Beramal dengan ilmu dan pengalaman mulai dari rencana, organisasi, kontrol sampai evaluasi. Diharapkan dapat mencerdaskan bangsa demi negara tercinta, NKRI. Semoga bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Pertama X ke Prancis

Tidak disangka aku terpilih untuk mengikuti program Profs en France 2008. Kegiatan yang diadakan oleh Menteri Luar Negeri Prancis bekerjasama dengan Cavilam dan UPAC dilaksanakan setahun sekali. Pada tahun 2008, program ini diperuntukan untuk pengajar bahasa Prancis di China, India, dan Indonesia dengan alokasi peserta 100 orang. Indonesia mendapat 33 tempat dan salah satunya adalah saya. Betapa senangnya aku akan menjejakkan kakiku di Prancis.
Ini pertama kalinya aku akan ke luar negeri. Hal ini membuat aku berpikir dua tiga kali untuk menyiapkan segalanya karena kegiatan tersebut selama 14 hari, 7 hari di kota Vichy dan 7 hari di kota Paris. Dan aku merencanakan menambah 7 hari lagi di Paris, memanfaatkan aji mumpung. Kapan lagi pikirku. Ternyata rencana saya dikabulkan. Jadilah saya di Prancis sampai tanggal 25 Juli 2008.
Betapa sibuknya aku menjelang keberangkatan karena aku harus meninggalkan tugas pekerjaan (PR) baik untuk di rumah maupun untuk di sekolah. Maklum saja, karena tanggal 14 Juli 2008, tahun ajaran baru sudah dimulai sedangkan aku ada di negeri seberang. Lumayan jaraknya 16 jam dengan pesawat.
Sudah tidak sabar ingin segera ke sana. Aku bingung untuk mengepak barang-barang yang kubawa meskipun jadwal kegiatannya sudah aku terima dari SCAC.
Menjelang keberangkatan, Malam sabtu pukul 19.00, kami diundang oleh Duta Besar Prancis pada acara cocktail di rumah Dubes Prancis. Aku tiba disana 10 menit sebelum acara dimulai. Sudah banyak orang yang hadir disana, dari para pejabat sampai para wartawan.
Pagi harinya, berita tentang 33 orang pengajar se Indonesia mengikuti program Profs en France 1008, ada di Kompas. Hebat pikirku…  langsung aku ambil gunting selanjutnya jadilah berita tersebut aku kliping untuk bukti.
Sabtu 5 juli 2008, akhirnya hari yang kutunggu tiba. Aku sekeluarga berangkat ke bandara pukul 14.00 meskipun pesawatku (Malaysia Airways MH712) take off pukul 18.15. Aku tiba di bandara ternyata teman-temanku baru sebagian yang sudah datang karena lainnya terkena macet di tol. Beruntungnya aku tidak terhambat selama diperjalanan, lancar.
Setelah semua berkumpul dan waktu check in telah dimulai, kami bergegas menuju tempat check in. Semua para pengantar tidak dapat masuk ke ruang check in kecuali keluargaku. Aduh senangnya diantar keluarga sampai ke tempat boarding pass. Di sisi lain, sedih juga meninggalkan anak-anak. Ingin rasa hati mengajak mereka, suatu saat nanti,…ya Allah, kabulkan permintaan hambamu ini…amin.
Lama juga menunggu masuk pesawat. Ternyata keberangkatan pesawatku ditunda 30 menit. Aku ambil manfaatnya saja untuk bermain dan pamitan dengan anak-anakku.
Pesawatku tidak langsung menuju Paris karena harus transit dulu di Kualalumpur. Satu jam aku menunggu di Bandara, Kualalumpur. Di pesawat kegiatanku .. ya gitu dech… baca, makan, cerita-cerita sampai bosan dan capek, terus tidur, Lha … 16 jam duduk di pesawat.
Kami semua senang sampai di Bandara CGK, Paris dengan sehat dan selamat. Untuk keluar dari bandara, aku hanya mengikuti temanku yang sudah pernah ke Prancis. Ternyata teman-temanku ada yang pernah tinggal di Paris, ada yang sudah sering pulang pergi Paris-Jakarta, bahkan ada yang disebut Parisiennes (penduduk asli kota Paris) jadi tenang saja saat mencari tempat pengambilan bagasi dan pintu keluar. Di sana kami sudah dijemput oleh Panitia. Paris, saat itu sedang musim panas dan udaranya sejuk. Jika kita bandingkan di Indonesia, seperti di Puncak.
Selanjutnya kami semua dibawa ke Cavilam, sebuah lembaga pendidikan lanjutan bagi pengajar bahasa Prancis di kota Vichy.
Apa yang akan kita lakukan di Vichy ?
 
Bersambung … ke klik

Filed under: cenya, Cerpen, France, IBSN, Jurnal, NaBloPoMo09, Paris, , , , , , , , , ,

3 Responses

  1. […] Il s’agit de la deuxième édition de cette rencontre internationale visant à récompenser des enseignants de français émérites par un séjour de haut niveau en France. […]

  2. roctak mengatakan:

    Aduh … beruntungnya dikau…🙂

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan dan menerima pemberitahuan tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 1.043 pengikut lainnya

Halaman

Award

Dunia Nyata :

1. The Best Blog pada Lomba Blog Badiklat Dephan.

2. Juara Harapan Lomba WebBlog Korpri Dephan.

3. Winner Lucky Votter at 2nd IBSN Blog Award

Dunia Maya :

1. Award Nyante Aza Lae from Sarah

2. Award Gokilzz from Sarah

3. Award Oscar from Sarah

4. Special Award Special Day from Mahendra and from Aling

5. Friendly blogger award 2009 from Ofa Ragil Boy

6. Your blog is Fabulous from Newbiedika

7. Bertuah Award 2009 from Newbiedika and from wahyu ¢ wasaka

8. Kindly Blogger 2009 from Newbiedika

9. Smart Blogger from Newbiedika

10. Super Follower Award from Newbiedika

11. Your BLOG makes us SMILE from Newbiedika

12. Friendship Emblem from Newbiedika

13. Tutorit Friendship from Mahendra

14. Special Award Special 4U from Siti Fatimah Ahmad

15. Pasopati Award from Ali Haji, from newbiedika-fly, and from diazhandsome

16. Award Mawar Merah from OLVY

17. Bintang Wiki Wikipedia from Aldo Samulo

18. Award Perkasa - kau adalah yang terbaik from Siti Fatimah Ahmad

19. Award Truly Blogger from Pelangiituaku

20. Stylish Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad

21. Beginner Experienced Editor Wikipedia from Wagino & Mikhailov Kusserow

22. Very Inspiring Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad.

23. Liebster Award from Siti Fatimah Ahmad.

enjoy-jakarta

logo-ibsn-11

hiblogikoh

%d blogger menyukai ini: