FAITES COMME CHEZ VOUS

Beramal dengan ilmu dan pengalaman mulai dari rencana, organisasi, kontrol sampai evaluasi. Diharapkan dapat mencerdaskan bangsa demi negara tercinta, NKRI. Semoga bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Pertama X ke Puy-de-Dôme

Lanjutan dari klik
 
 

Tanggal 9 Juli merupakan hari keempat di kota Vichy. Seperti biasa, pagi-pagi sekali aku sudah berangkat ke Cavilam. Aku berjalan kaki dari rumah ke sana, maklum tidak angkot atau ojek. Di teras Cavilam, tempat orang Indonesia berkumpul, kami sibuk bercerita tentang pengalaman tinggal di rumah orang Prancis. Aku termasuk yang beruntung bila dibandingkan teman-temanku karena diperbolehkan mandi, dan melakukan apa saja sesuai kebiasaanku di Indonesia, kecuali makan dengan alasan mengenal makanan Prancis. Ada lho … temanku yang tidak boleh menggunakan air untuk mandi, alasannya penghematan, kasihan dech … tapi dia tertolong oleh udara di Prancis. Kita sama sekali tidak mengeluarkan keringat padahal matahari lumayan panas, buktinya semua orang Indonesia selalu berteduh. Maklum sudah banyak menerima panas di Indonesia. Pagi ini kami melanjutkan pelajaran sesuai topik yang kita pilih.
Di kelasku, hanya aku sendiri orang Indonesia, ada untung ada rugi. Untungnya aku jadi berusaha berkomunikasi dalam bahasa Prancis. Ruginya, sedih aja jika tidak mengerti bahasanya mo tanya ke siapa, ke gurunya !? yah.. dijelaskan dalam bahasa Prancis juga, bisa-bisa bingung. aku pikir biarlah berlalu… kan aku dapat ilmunya.
Siang harinya, direncanakan akan ke gunung Puy-de-Dôme, bila tidak hujan. Jika hujan kegiatan ini akan diganti dengan mengunjungi kota Clermont-Ferrand. Sebelum berangkat, kami dikumpulkan di aula Cavilam karena ada penyajian dari Penerbit buku FLE (Français Langue Etranger) tentang buku-buku pelajaran bahasa Prancis. Cuaca sangat cerah, selesai paparan dari penerbit buku FLE, artinya kami jadi jalan-jalan ke Puy-de Dôme dan kami segera bersiap-siap berangkat ke gunung. Sebuah bus untuk mengantar ke kaki gunung, sudah menunggu kami. Tepat pukul 14.00 kami berangkat.
Kami diturunkan di kaki gunung. Sebelum melaksanakan napak tilas kami diberi penjelasan terlebih dahulu. Katanya jalur yang akan kita lewati merupakan jalur tentara romawi. Beberapa teman tidak mau ikut ke atas gunung… capek katanya. Akhirnya kita memulai perjalanan dan meninggalkan beberapa teman di titik keberangkatan. Sedangkan bus bersiap untuk kembali.
Jalan yang kita tempuh, berkerikil dan berkelok-kelok. Lelah juga berjalan menuju puncak tapi aku tetap bersemangat. Semangat bertambah setelah melihat orang India. Dia memakai sepatu hak tinggi dan baju tradisionalnya. Jalannya gagah meskipun perempuan. Aku ? sekali dua, aku berhenti untuk tarik napas (istirahat) dan melihat pemandangan di dataran tinggi. Pemandangannya sangat indah… benar lho. Sayang, kalau dilewatkan untuk diphoto. Selama perjalanan orang Indonesia  saling memberi semangat dengan mengatakan di puncak, ada tukang ronde, bajigur, dan lain-lain, bahkan sampai tukang minuman (pedanggang asongan) yang dapat dijumpai di setiap perempatan, juga disebut-sebut.
Betapa terkejutnya kita ketika sampai di atas (titik akhir), melihat mobil dapat mencapai tempat tersebut. Yaaa… capek-capek jalan ternyata mobil juga sampai atas. Tak apalah… hitung-hitung olah raga…dan menguruskan badan.
20 menit, kami di sana, kemudian kami harus kembali ke titik awal. Wow … betapa senangnya hati ini ketika mau turun, kita dipersilahkan naik mobil. Mobilnya ada satu yang stand by dan tanggung ukurannya jadi…dech kita dibagi dua rombongan. Wach… akan lama kita menunggu mobil datang. Rombongan pertama berangkat, tiga menit kemudian datang mobil yang sama. eeh.. ternyata mobil sejenis banyak jumlahnya (lebih dari dua). Akhirnya kita turun dengan duduk santai di dalam mobil, jika tidak, tak terbayang akibatnya… tidak ada tukang pijat.
Sampai di bawah, ternyata kita diturunkan di tempat yang lain (bukan titik keberangkatan) maklum rutenya khan … beda. Nah…khan, kita tidak dapat menemukan teman-teman yang tidak ikut ke atas. Pendamping kita sebagai pemimpin rombongan memutuskan untuk menunggu teman-teman di sini, sedangkan dia akan menjemputnya. Ditunggu-tunggu…akhirnya datang juga, suasana jadi ramai. Kemudian, kita langsung pulang.
Sore ini acara bebas, sebenarnya aku ingin jalan-jalan lagi untuk mengenal lebih dekat kota Vichy, tapi kaki ini tidak mau kompromi. yach… terpaksa, aku tinggal di rumah, istirahat sendiri. Ibu kostku sibuk dan pulang malam sedangkan paginya aku berangkat, ibu kostku di kamarnya (masih tidur kali). Ada baiknya memang karena besok, kegiatannya lebih seru lagi… makanan, mencicipi masakan daerah.
 
 
bersambung ke klik.

Filed under: cenya, Cerpen, IBSN, Jurnal, NaBloPoMo09, Vichy, , , , , , , , , ,

4 Responses

  1. […] 8926 invicta 9937 invicta akula invicta akula shark reviews invicta automatik invicta diver invicta dynamos invicta fm invicta mens 3449 corduba collection oversized chronograph […]

  2. ivf implantation tips mengatakan:

    no matter what you are saying, you got it

  3. roctak mengatakan:

    Pemandangannya bagus… ya ?

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan dan menerima pemberitahuan tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 1.043 pengikut lainnya

Halaman

Award

Dunia Nyata :

1. The Best Blog pada Lomba Blog Badiklat Dephan.

2. Juara Harapan Lomba WebBlog Korpri Dephan.

3. Winner Lucky Votter at 2nd IBSN Blog Award

Dunia Maya :

1. Award Nyante Aza Lae from Sarah

2. Award Gokilzz from Sarah

3. Award Oscar from Sarah

4. Special Award Special Day from Mahendra and from Aling

5. Friendly blogger award 2009 from Ofa Ragil Boy

6. Your blog is Fabulous from Newbiedika

7. Bertuah Award 2009 from Newbiedika and from wahyu ¢ wasaka

8. Kindly Blogger 2009 from Newbiedika

9. Smart Blogger from Newbiedika

10. Super Follower Award from Newbiedika

11. Your BLOG makes us SMILE from Newbiedika

12. Friendship Emblem from Newbiedika

13. Tutorit Friendship from Mahendra

14. Special Award Special 4U from Siti Fatimah Ahmad

15. Pasopati Award from Ali Haji, from newbiedika-fly, and from diazhandsome

16. Award Mawar Merah from OLVY

17. Bintang Wiki Wikipedia from Aldo Samulo

18. Award Perkasa - kau adalah yang terbaik from Siti Fatimah Ahmad

19. Award Truly Blogger from Pelangiituaku

20. Stylish Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad

21. Beginner Experienced Editor Wikipedia from Wagino & Mikhailov Kusserow

22. Very Inspiring Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad.

23. Liebster Award from Siti Fatimah Ahmad.

enjoy-jakarta

logo-ibsn-11

hiblogikoh

%d blogger menyukai ini: