Tujuan : Memahami penggunaan kata sifat.
Tingkat : Dasar.
Alat bantu : Kertas photocopi berisi tabel ciri-ciri orang.
Waktu : 2 jam pelajaran.
Aturan Main :
-
Jelaskan kepada siswa/peserta didik bahwa 6 orang adalah buronan polisi. Mereka berimajinasi bahwa mereka telah melihat satu di antara mereka, tetapi pada saat polisi menginterogasi mereka, mereka hanya mengingat beberapa detil keberadaan mereka. Para siswa/peserta didik bertanya untuk mengungkapkan informasi yang hilang dengan pertanyaan : A > ”comment est Nicolas Legrand ?”; B > ”il est grand, il a des yeux bleu, etc”
-
Mereka menulis jawabannya di buku (kertas photokopian yang telah dibagikan).
-
Ketika para siswa/peserta didik menyelesaikan latihan, mereka memverifikasi informasi yang diperoleh sambil menunjukkan buku catatannya.
Variasi :
-
Para siswa/peserta didik diminta untuk menjemput dua atau tiga orang teman di bandara yang datang dari Paris tapi mereka tidak mengenalnya dengan baik (belum pernah bertemu). Jelaskan pada mereka tentang ciri-ciri kedua atau ketiga teman tersebut. Mereka membutuhkan keterangan secara detil untuk meyakinkan agar tidak keliru/salah orang di bandara. Keterangan tersebut berupa informasi tentang penampilan phisik seperti pakaian yang digunakan, benda yang dipakai atau dibawa. Siswa/peserta didik bermain peran dengan menggunaakan keterangan tersebut untuk menggambarkan orang yang akan dijemput di bandara. Mereka menulis nama-nama teman mereka di bawah gambar yang tersedia (lihat contoh gambar). Untuk memverifikasi pilihannya, mereka melihat gambar yang telah dipilih melalui cara bertanya tentang perbandingan deskripsi dengan keterangan yang ada. Dan perbaikilah jawaban agar benar-benar tepat.
-
Para siswa/peserta didik memilih seorang teman di kelas dan buatlah deskripsinya secara phisik. Katakan kepada mereka untuk bermain peran menggunakan deskripsi tersebut dan lakukan kembali kegiatan tersebut setiap kali, mereka dapat menerka siapa orang tersebut.
Contoh :
Pertanyaan yang digunakan :
– Comment est-il/elle ? Il/Elle est… ou Il/Elle a …
– Qu’est-ce qu’il/elle porte ? Il/Elle porte …
– Que porte-t-il/elle à la main ? Il/Elle porte …
– Qu’est-ce qu’il/elle a sous le bras ? Il/Elle a … sous le bras.
– etc.
Selamat mencoba !!!
Perlu diketahui dan dibaca :
-
Mencari Kata, Huruf atau Angka.
-
Perhitungan Sulap.
-
Kata Tak Beraturan.
-
Latihan Pelafalan.
-
Permainan dengan Lagu.
-
Cerita dengan Gambar (1).
-
Permainan dengan Video (1).
-
Perubahan Kata Kerja Bahasa Prancis.
-
Mengenalkan Diri Sendiri dan Orang Lain.
-
Mendeskripsikan Benda
-
Permainan dengan Video (2).
-
Siapa saya ? Apa saya ?
-
Penyesuaian Kata Sifat Bahasa Prancis.
-
Penyesuaian Kata-kata Bahasa Prancis.
-
Cerita dengan Gambar (2).
-
Permainan dengan Gambar.
Filed under: Pelajaran Bahasa Prancis, Bahasa, FLE, guru, Methode, metodelogi, pedagogi, pelajaran, Pelajaran Bahasa Prancis
nice posting…thanx
You have excellent points, but readers beware – to be safe, dont believe most of what you read in the internet. If you read an article in one forum, try and research some more. It is always safer to analyze articles from different sources, take notes, and judge which one to believe. Greetings from Kiev!