FAITES COMME CHEZ VOUS

Beramal dengan ilmu dan pengalaman mulai dari rencana, organisasi, kontrol sampai evaluasi. Diharapkan dapat mencerdaskan bangsa demi negara tercinta, NKRI. Semoga bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Resume : Penilaian Prestasi

Penilaian prestasi sebagai kesempatan mengetahui nilai prestasi seseorang dibandingkan dengan harapan atasannya. Dalam memimpin departemen untuk menilai prestasi seseorang/bawahan bila tidak mencatat dan mengingat kinerja dan hasil bawahan maka atasan akan mengalami kesulitan dalam menilai prestasi bawahan sekali setahun. Pengetahuan tentang sistem penggunaan dan aplikasi penilaian prestasi akan membantu dan memudahkan tugas atasan.
 
Istilah-istilah :
 
  1. Skala Penilaian berdasarkan Perilaku dengan indicator skala observasi perilaku, skala pengharapan perilaku, dan skala penilaian angka.
  2. Daftar pemeriksaan untuk menilai sifat-sifat yang dimiliki oleh pegawai.
  3. Teknik kejadian kritis yaitu  mencatat perilaku pegawai yang bersifat efektif dan nonefektif ke dalam buku harian. Penilaian akhir berupa analisa dari kesimoulan buku harian selama periode penilaian.
  4. Metode forced choice. Sistem ini untuk mencegah penilaian yang terlalu tinggi. Penilai dapat memilih aspek-aspek dan nilai tertentu dari sebuah daftar.
  5. pembagian terpaksa. Sistem ini merupakan sistem penilaian dengan kurva. Penilai menilai berdasarkan kategori prestasi pegawai.
  6. Skala grafik penilaian. Penilai membuat grafik dari matrik sifat pegawai dan nialinya.
  7. Evaluasi gaya cerita/karangan. System ini menerapkan penggambaran prestasi termasuk kekuatan dan kelemahan pegawai secara narasi.
  8. Manajemen by objective.
  9. Perbandingan pasangan. Pada system ini penilai melakukan perbandingan pegawai dengan semua pegawai lainnya.
 
Penilaian prestasi diberi beberapa nama :
a.                   Timbangan prestasi
b.                  Evaluasi prestasi
c.                   Penilaian personel
d.                  Penilaian kebaikan
e.                  Penilaian pegawai
f.                    Evaluasi pegawai
 
Penilaian prestasi didefinisikan sebagai sebuah keputusan tentang seorang pegawai yang mempengaruhi status pegawai terkait dengan pekerjaan, pemberhentian, kenaikan pangkat, kenaikan atau pengurangan gaji, atau kesempatan pendidikan dan pelatihan.
Urutan (ranking). Pada sistem ini, penilai membuat daftar urutan pegawai mulai dari yang sangat berpretasi sampai dengan yang kurang berprestasi.
 
Daftar Pemeriksaan Bernilai. Daftar ini untuk menggambarkan metode dimana penilai yang berpengalaman dalam suatu pekerjaan yang menggambarkan kualitas pekerjaan dengan sifat efektif dan nonefektif.
Pendekatan Penilaian Prestasi terdiri dari dua sistem yaitu Pendekatan Tradisional atau Pendekatan Organisasi dan Pendekatan Pengembangan.
 
Tujuan Penilaian Prestasi dengan Pendekatan Tradisional, sebagai berikut :
a.                   kenaikan pangkat, pemisahan dan pemindahan
b.                  umpan balik kepada pegawai tentang anggapan organisasi terhadap prestasinya
c.                   evaluasi kontribusi individu atau departemen secara relatif terhadap tujuan organisasi.
d.                  Kriteria untuk evaluasi keefektifan seleksi dan penugasan pegawai, termasuk relevansi informasi dalam pengambilan keputusan.
e.                  Keputusan tentang imbalan, termasuk penghargaan dan hukuman.
f.                    Pengetahuan dan diagnosa keputusan pelatihan dan pengembangan.
g.                   Kriteria untuk evaluasi kesuksesan keputusan pelatihan dan pengembangan.
h.                  Informasi untuk daftar rencana, anggaran dan perencanaan SDM.
 
Sistem tradisional memiliki kelemahan yaitu
1.                   Penilaian prestasi berdasarkan masa lalu dan tidak mempunyai kaitan dengan sasaran dan objektif pada masa depan.
2.                   Penilaian ini mempunyai kaitan dengan kenaikan gaji pegawai dan menjadi hambatan dalam proses kreatifitas pegawai.
 
Tujuan Penilaian Prestasi dengan Pendekatan Pengembangan :
a.                   Memberikan kesempatan kepada pegawai untuk menyatakan arah dan tingkat ambisinya.
b.                  Menunjukkan minat organisasi pada pengembangan pegawai.
c.                   Memberikan struktur komunikasi antara pegawai dan pengelola
d.                  Memberikan kepuasan dan pendorong kepada pegawai yang bekerja dengan baik.
 
Harapan pengelola dalam penggunaan Penilaian Prestasi.
1.                   Penerjemahan dari tujuan organisasi menjadi tujuan individu.
2.                   Memberi tahu harapan pengelola tentang prestasi pegawai.
3.                   Memberikan umpan balik kepada pegawai tentang kinerja pekerjaan berdasarkan tujuan manajemen.
4.                   Mendidik pegawai tentang cara mencapai tujuan.
5.                   Mendiagnosa kekuatan dan kelemahan pegawai.
6.                    Menentukan macam aktivitas pengembangan yang dapat membantu pegawai menggunakan kemampuannya untuk menambah prestasinya.
 
Proses Penilaian Prestasi :
1.                   Tahap  memberi pengertian antara pengelola (penilai) dan pegawai (yang dinilai) tentang tujuan dan sistem penilaian.
2.                   Tahap umpan balik untuk perubahan tujuan dan harapan organisasi serta kontrol hasil penilaian.
3.                   Tahap pengarsipan penilaian prestasi.
4.                   Tahap analisa prestasi untuk perencanaan pengembangan pegawai.
 
Pengaturan TQM
Untuk menghindari dampak buruk dari sistem pendekatan tradisional, harus ada umpan balik tentang prestasi pegawai agar pengelola mengetahui dan memperbaiki sistem penilaian prestasi. Oleh karena itu dianjurkan agar adanya penggabungan antara perencanaan dan umpan balik dengan cara menanyakan opini kepada pegawai tentang sistem pengelolaan proyek, dan sebagainya.
Beberapa ahli TQM menyarankan pembatalan sistem penilaian secara individu ttetapi ada juga yang menyarankan penilaian individu dan tim dengan umpan balik untuk mendapatkan perspektif yang lengkap tentang persepsi organisasi dan cara perbaikan prestasinya.
Dari perspektif TQM, ada beberapa alasan yang dapat merugikan kualitas dan kerja sama yaitu adanya persaingan antar pegawai dengan sifat negatif. Hal ini akibat dari nilai-nilai individu dalam suatu tim diumumkan. Penggunaan sistem penilaian secara tidak benar dapat menimbulkan masalah. Ketika sistem penialian memaksa menyesuaikan dan menilai prestasi pegawai dengan kurva distribusi normal maka masalah akan muncul karena sistem ini cocok untuk organisasi besar. (rok)

Filed under: Article, Diskusi, Evaluasi, , , , , , , , , ,

2 Responses

  1. cenya95 mengatakan:

    @proglap: thanx kembali

  2. proglap mengatakan:

    Berantakan… tapi yang penting isinya… Mas.
    sangat bermanfaat…🙂
    thanx

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan dan menerima pemberitahuan tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 1.043 pengikut lainnya

Halaman

Award

Dunia Nyata :

1. The Best Blog pada Lomba Blog Badiklat Dephan.

2. Juara Harapan Lomba WebBlog Korpri Dephan.

3. Winner Lucky Votter at 2nd IBSN Blog Award

Dunia Maya :

1. Award Nyante Aza Lae from Sarah

2. Award Gokilzz from Sarah

3. Award Oscar from Sarah

4. Special Award Special Day from Mahendra and from Aling

5. Friendly blogger award 2009 from Ofa Ragil Boy

6. Your blog is Fabulous from Newbiedika

7. Bertuah Award 2009 from Newbiedika and from wahyu ¢ wasaka

8. Kindly Blogger 2009 from Newbiedika

9. Smart Blogger from Newbiedika

10. Super Follower Award from Newbiedika

11. Your BLOG makes us SMILE from Newbiedika

12. Friendship Emblem from Newbiedika

13. Tutorit Friendship from Mahendra

14. Special Award Special 4U from Siti Fatimah Ahmad

15. Pasopati Award from Ali Haji, from newbiedika-fly, and from diazhandsome

16. Award Mawar Merah from OLVY

17. Bintang Wiki Wikipedia from Aldo Samulo

18. Award Perkasa - kau adalah yang terbaik from Siti Fatimah Ahmad

19. Award Truly Blogger from Pelangiituaku

20. Stylish Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad

21. Beginner Experienced Editor Wikipedia from Wagino & Mikhailov Kusserow

22. Very Inspiring Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad.

23. Liebster Award from Siti Fatimah Ahmad.

enjoy-jakarta

logo-ibsn-11

hiblogikoh

%d blogger menyukai ini: