FAITES COMME CHEZ VOUS

Beramal dengan ilmu dan pengalaman mulai dari rencana, organisasi, kontrol sampai evaluasi. Diharapkan dapat mencerdaskan bangsa demi negara tercinta, NKRI. Semoga bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Evaluasi dalam Diklat (Peningkatan Mutu)

Evaluasi adalah suatu proses peningkatan mutu dan merupakan suatu penghubung antara Tahap Pemberian Diklat, Tahap Perancangan Diklat dan Tahap Analisa.

Selama bertahun-tahun sistem evaluasi diterapkan dalam pendidikan dan pelatihan (diklat), utamanya dengan menggunakan penilaian atas peserta diklat dan atau dengan menggunakan sebuah “kritik bagi kursus” untuk membantu menentukan apakah diklat dapat ditingkatkan.Kegiatan ini merupakan Sistem Peningkatan Mutu Internal. Ada internal pasti ada eksternal. Sistem Peningkatan Mutu Eksternal berfungsi untuk meningkatkan keabsahan kursus/diklat. Meskipun demikian, karena diperlukan pertanggungjawaban yang lebih besar dan penggunaan sistem manajemen yang berkualitas, para pendidik dan para manajer.

RM. Wolf dalam “The Nature of Educational Evaluation” in Wallberg, H, J. and Haertal, G, D. (eds): The Internasional Encyclopaedia of Educational Evaluation, Oxford, Pergamon Press, 1990 menyatakan bahwa Evaluasi dalam pelatihan adalah Kumpulan dan penafsiran sistematis dari bukti-bukti yang, sebagai bagian dari proses, mengarah pada suatu penilaian atas nilai-nilai dengan tujuan untuk mengambil suatu tindakan.

Definisi ini mengandung proses-proses kompleks yang diperlukan untuk evaluasi. Istilah sistematis mengandung arti bahwa informasi yang diperlukan harus ditentukan dan pemeriksaan atas informasi perlu diadakan dengan baik. Elemen kedua dan ketiga dari definisi tersebut, yaitu penafsiran bukti dan penilaian atas nilai-nilai, menunjukkan adanya suatu pertimbangan yang mendalam, dan elemen terakhirnya yaitu dengan tujuan untuk mengambil suatu tindakan, menggaris bawahi bahwa evaluasi dimaksudkan untuk memberi rekomendasi bagi perubahan dan peningkatan mutu pelatihan. Oleh karena itu, setiap model evaluasi yang dipilih harus mengandung hal-hal sebagai berikut :

  1. Sistematis
  2. Memberi analisa yang kritis terhadap pelatihan berkaitan dengan syarat-syarat individual dan tempat kerja.
  3. Memberikan indikasi yang jelas tentang peningkatan dalam pelatihan.

Penerapan Peningkatan Mutu dalam Diklat

Evaluasi memberikan informasi yang dibutukan oleh pelaksana dan manajer diklat untuk membuat keputusan yang akurat, sah dan dapat diandalkan berkaitan dengan efektifitas dan efisiensi diklat. Evaluasi diklat memberi data untuk : (a) memungkinkan analisa dijadikan prestasi atau target diklat dan target pembelajaran, (b) menilai kualitas dari strategi atau teknik pemberian diklat, dan (c) mengukur dampak atau kegunaan dari program atau kursus/diklat terhadap organisasi.

Penerapan secara khusus dari evaluasi diklat dalam Sistem Pelatihan adalah (a) Analisa. Evaluasi atas fungsi ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan keabsahan analisa pelaksanaan tugas, definisi dan spesifikasi kompetensi, dan strategis diklat serta pengembangan secara luas yang dikhususkan untuk memenuhi standar kompetensi., (b) Perancangan Diklat. Evaluasi atas fungsi ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang manfaat diklat, keabsahan hasil-hasil diklat dan efektifitas strategi diklat serta keseluruhan rangcangan kursus/diklat., (c) Pengembangan Diklat. Evaluasi atas fungsi ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan efektifitas dan efisiensi kurikulum, paket penilaian kursus dan bahan-bahan pelatihan., (d) Pelaksanaan Diklat. Evaluasi atas fungsi ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang mutu lingkungan diklat, efisiensi dan efektifitas serta penilaian atas proses dan prosedur., dan (e) Evaluasi Eksternal Diklat. Evaluasi eksternal memeriksa apakan para lulusan mampu memenuhi standar-standar kompetensi tempat kerja dan apakah standar-standar tersebut sesuai dengan hasil dari Program Diklat.

Peringkat dalam Peningkatan Mutu

Kirkpatrick (1959) menyatakan bahwa tujuan-tujuan harus ditetapkan untuk mendapatkan reaksi dari para peserta diklat terhadap program, untuk mendapatkan bahan evaluasi pada bagian akhir dari program, untuk mengubah sikap kerja dan untuk mencapai perubahan yang luar biasa dalam keefektifan organisasi. Para ahli lain, pada umumnya mengikuti kerangka berikut, tetapi dengan kategori-kategori yang berbeda-beda (mau lebih lengkap silahkan lihat : Evaluating Training Effectiveness nya P. Bramley, 1996).

  1. Tahap I : Reaksi
  2. Tahap II : Pembelajaran
  3. Tahap III : Perilaku
  4. Tahap IV : Hasil

Model Kirkpatrick :

Areal

Komponen

Kirkpatrick (1959)

Model Umum

Dalam Diklat

– Penilaian atas mutu dari pengalaman peserta didik

– Penilaian – mengukur pencapaian hasil pembelajaran (Masukan bagi peserta diklat tentang diklat selanjutnya)(Masukan bagi para pendidik tentang metode-metode pelatihan yang diberikan)

Reaksi

Belajar – Mengajar

Evaluasi Internal

Saat melakukan pekerjaan setelah diklat

– Relevansi dengan target diklat

– Ukuran manfaat hasil diklat atau perubahan dalam perilaku/sikap kerja. (Masukan retropestif bagi para pendidik)

Perilaku

Evaluasi Eksternal

Efektifitas dalam Organisasi

– Ukuran perubahan dalam kinerja organisasi. (Penerapan dalam rencana atau proyek individu/tindakan)

Hasil

Tinjauan Sistem Pelatihan Eksternal/Lokal

Kapan Evaluasi Internal perlu dilakukan ?

Filed under: Article, Diklat, Evaluasi, , , , , , , , , , , , ,

2 Responses

  1. cenya95 mengatakan:

    @bocahkureng: hmmm… ingat siapa ?

  2. bocahkureng mengatakan:

    Jd inget waktu sekolah!!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan dan menerima pemberitahuan tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 1.043 pengikut lainnya

Halaman

Award

Dunia Nyata :

1. The Best Blog pada Lomba Blog Badiklat Dephan.

2. Juara Harapan Lomba WebBlog Korpri Dephan.

3. Winner Lucky Votter at 2nd IBSN Blog Award

Dunia Maya :

1. Award Nyante Aza Lae from Sarah

2. Award Gokilzz from Sarah

3. Award Oscar from Sarah

4. Special Award Special Day from Mahendra and from Aling

5. Friendly blogger award 2009 from Ofa Ragil Boy

6. Your blog is Fabulous from Newbiedika

7. Bertuah Award 2009 from Newbiedika and from wahyu ¢ wasaka

8. Kindly Blogger 2009 from Newbiedika

9. Smart Blogger from Newbiedika

10. Super Follower Award from Newbiedika

11. Your BLOG makes us SMILE from Newbiedika

12. Friendship Emblem from Newbiedika

13. Tutorit Friendship from Mahendra

14. Special Award Special 4U from Siti Fatimah Ahmad

15. Pasopati Award from Ali Haji, from newbiedika-fly, and from diazhandsome

16. Award Mawar Merah from OLVY

17. Bintang Wiki Wikipedia from Aldo Samulo

18. Award Perkasa - kau adalah yang terbaik from Siti Fatimah Ahmad

19. Award Truly Blogger from Pelangiituaku

20. Stylish Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad

21. Beginner Experienced Editor Wikipedia from Wagino & Mikhailov Kusserow

22. Very Inspiring Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad.

23. Liebster Award from Siti Fatimah Ahmad.

enjoy-jakarta

logo-ibsn-11

hiblogikoh

%d blogger menyukai ini: