FAITES COMME CHEZ VOUS

Beramal dengan ilmu dan pengalaman mulai dari rencana, organisasi, kontrol sampai evaluasi. Diharapkan dapat mencerdaskan bangsa demi negara tercinta, NKRI. Semoga bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Metode Evaluasi Eksternal

Evaluasi Eksternal diadakan untuk mengetahui apakah para lulusan dapat memenuhi standar kompetensi kerja dan apakah standar-standar tersebut sesuai dengan target hail akhir Program Diklat. Evaluasi pada tingkat ini mencoba untuk mendeteksi setiap ketidak seuaian antara kinerja lulusan dan syarat-syarat kompetensi di tempat kerja. Oleh karena itu, evaluasi eksternal memberi kaitan hubungan yang jelas antara pelatihan dengan tempat kerja dan memungkinkan unit-unit pelaksana diklat untuk menjaga hubungan dengan pelanggan intinya. Dalam proses evaluasi ekternal, data diperoleh dari sumber-sumber berikut :

  1. Para lulusan yang telah terlibat dalam setiap tahap pelatihan dan telah bekerja dalam suatu pekerjaan selama sekitar enam bulan.
  2. Supervisor dari para lulusan yang bekerja dekat dengan lulusan baru.
  3. Instruktur yang dapat memberi komentar berkaitan dengan kinerja para lulusan pada kursus terkait lainnya.
  4. Organisasi-organisasi lain yang memberi pelatihan yang sama (sebuah proses dikenal dengan sebutan benchmarking), dan
  5. Manajer-manajer diklat yang mempunyai input strategis dalam kebutuhan operasional.
Data dari sumber-sumber ini kemudian dikumpulkan, disatukan dan dianalisa. Data-data ini kemudian dinilai berkaitan dengan pelatihan yang ada, yang dapat menyoroti dimana kelebihan diklat, kekurangan diklat, dan diklat yang tidak relevan. Khususnya, informasi eksternal dapat digunakan untuk menunjukkan apakah para lulusan dapat melaksanakan tugas sesuai dengan tujuan untuk apa mereka dilatih, dalam lingkungan operasional; apakah keahlian yang diberikan selama diklat relevan dengan pekerjaan lulusan; dan perilaku dari lulusan yang dikembangkannya selama diklat memuaskan.
Rekomendasi akan disampaikan kepada pihak yang terkait untuk mengadakan perbaikan atas efisiensi dan efektifitas diklat.
Evaluasi eksternal harus dilakukan setelah para peserta diklat menyelesaikan kursus dan mempunyai kesempatan untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari di tempat kerja. Biasanya, sekitar enam bulan setelah selesainya kursus yang merupakan waktu ideal untuk mensurvey para lulusan. Bila terlalu cepat biasanya peserta diklat (lulusan) belum mempunyai waktu untuk mempraktekan seluruh keahliannya di tempat kerja, sementara bila terlalu lama keahlian yang telah diperoleh mungkin telah terbenam oleh kursus lain atau pelatihan lain (OJT) yang diikuti oleh lulusan tersebut.
Idealnya, kursus harus dievaluasi secara eksternal sekitar tiga sampai lima tahun, atau kapan saja waktu rancangan atau isi kursus telah mengalami perubahan yang signifikan. Frekuensi evaluasi sering tergantung pada sumber daya dari unit yang melaksanakan kursus. Suatu evaluasi eksternal membutuhkan waktu sampai tiga bulan untuk menyelesaikannya. Oleh karena itu, waktunya harus akurat untuk memastikan reliabilitas dan validitas proses evaluasi.
Cara terbaik dalam mengumpulkan data atas kinerja seseorang adalah dengan mengamati keseluruhan pekerjaannya, tetapi hal ini biasanya tidak praktis karena keterbatasan sumber daya. Oleh karena itu, dibutuhkan metode-metode lain selain metode pengamatan untuk memperoleh informasi tentang kinerjanya;


  1. Angket. Angket dapat dikirim kepada para lulusan atau supervisor sekitar enam bulan setelah selesai diklat. Meskipun demikian, kebanyakan mereka jarang yang memberi tanggapan segera, jadi metode yang paling efektif adalah mengantarkan angket langsung kepada mereka.
  2. Wawancara. Wawancara biasanya diadakan di tempat kerja sebagai bentuk tindak lanjut, begitu angket dikembalikan maka dipilihlah topik-topik yang layak diwawancarai. Tujuan wawancara ini adalah untuk mengembangkan data yang diperoleh melaluui angket dan mengeksplorasi ide-ide yang baik secara lebih rinci. Memperoleh izin masuk ke unit-unit dan akses ke mereka yang akan diwawancarai memerlukan perencanaan dan wewenang yang jelas.
  3. Dokumentasi. Suatu studi tentang catatan tugas-tugas yang telah dilaksanakan dapat memberi gambaran yang akurat dan wajar dari kinerja dan standar-standar yang terdapat dalam sebuah pekerjaan. Hal ini kadang-kadang dapat dilengkapi dengan penambahan catatan-catatan yang berisi perincian dari waktu yang digunakan, kekurangan dalam keahlian, dll. yang dapat menjadi petunjuk ke arah adanya kekurangan dalam diklat.
  4. Buku Harian. Buku harian (termasuk catatan tentang kecelakaan, catatan harian, jurnal kompetensi) dapat menjadi sumber informasi yang berharga untuk menentukan kinerja atau kekurangan yang dimilikinya. Dengan buku harian ini dimungkinkan dilakukannya perbandingan langsung antara apa yang dapat dilakukan oleh seseorang sebagai hasil diklat, dan apa yang diminta oleh tempat kerja dalam pelaksanaan tugas.
Saat kinerja waktu menjalankan pekerjaan dianalisa dengan suatu evaluasi eksternal, mutu dari pekerjaan dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor selain dari target diklat, misalnya, adanya kesenjangan dalam diklat, efektifitas strategi diklat, masalah-masalah manajemen, derajat kehilangan keahlian dan pengaruh pelatihan sambil kerja (OJT) dan pengalaman. Penilai harus sadar akan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja dan menggarisbawahinya dalam laporan. Penilai juga dapat menggarisbawahi analisa lain yang diperlukan pada tahap-tahap sistem diklat. Penilai harus melaporkan anomali-anomali ini, tetapi tidak membahasnya dalam evaluasi karena diperlukan studi terpisah dan mendalam (misal; pada analisa kebutuhan diklat).

Filed under: Diklat, Evaluasi, , , , , , , , , , ,

5 Responses

  1. Luigi Fulk mengatakan:

    Lots of many thanks you tremendously for this fantastic and really instructive report. Any person could get fantastic information from this article.fantastic function retain it up. I am planning to bookmark this site for came back again in long run.

  2. Marlen Ziraldo mengatakan:

    Excellent! Your site has a lot readers. How did you get all of these people to see your article I’m jealous! I’m still learning all about posting articles on the web. I’m going to view pages on your blog to get a better idea how to attract more people. Thanks for the help!

  3. english saddles mengatakan:

    You really make it appear so easy together with your presentation but I find this matter to be actually one thing which I feel I might never understand. It seems too complicated and extremely vast for me. I’m taking a look ahead for your subsequent put up, I will try to get the cling of it!

  4. cenya95 mengatakan:

    @zulfahri: betul… mas.

  5. Zulfahri mengatakan:

    Diperlukan analisa dan evaluasi yang tajam

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan dan menerima pemberitahuan tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 1.043 pengikut lainnya

Halaman

Award

Dunia Nyata :

1. The Best Blog pada Lomba Blog Badiklat Dephan.

2. Juara Harapan Lomba WebBlog Korpri Dephan.

3. Winner Lucky Votter at 2nd IBSN Blog Award

Dunia Maya :

1. Award Nyante Aza Lae from Sarah

2. Award Gokilzz from Sarah

3. Award Oscar from Sarah

4. Special Award Special Day from Mahendra and from Aling

5. Friendly blogger award 2009 from Ofa Ragil Boy

6. Your blog is Fabulous from Newbiedika

7. Bertuah Award 2009 from Newbiedika and from wahyu ¢ wasaka

8. Kindly Blogger 2009 from Newbiedika

9. Smart Blogger from Newbiedika

10. Super Follower Award from Newbiedika

11. Your BLOG makes us SMILE from Newbiedika

12. Friendship Emblem from Newbiedika

13. Tutorit Friendship from Mahendra

14. Special Award Special 4U from Siti Fatimah Ahmad

15. Pasopati Award from Ali Haji, from newbiedika-fly, and from diazhandsome

16. Award Mawar Merah from OLVY

17. Bintang Wiki Wikipedia from Aldo Samulo

18. Award Perkasa - kau adalah yang terbaik from Siti Fatimah Ahmad

19. Award Truly Blogger from Pelangiituaku

20. Stylish Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad

21. Beginner Experienced Editor Wikipedia from Wagino & Mikhailov Kusserow

22. Very Inspiring Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad.

23. Liebster Award from Siti Fatimah Ahmad.

enjoy-jakarta

logo-ibsn-11

hiblogikoh

%d blogger menyukai ini: