FAITES COMME CHEZ VOUS

Beramal dengan ilmu dan pengalaman mulai dari rencana, organisasi, kontrol sampai evaluasi. Diharapkan dapat mencerdaskan bangsa demi negara tercinta, NKRI. Semoga bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Diklat: Strategi Pembelajaran

Kegagalan pembelajaran di sekolah, perguruan tinggi, atau lembaga diklat, pada saat ini banyak terjadi pada proses pembelajaran. Setujukah anda ?

Berhasil atau tidaknya proses pembelajaran dapat dilihat dari desain pembelajaran. Desain pembelajaran ini berlandaskan pendekatan sistem yaitu : Analyze (menganalisa), Design (mendesain), Develop (mengembangkan), Implement (melaksanakan), dan Evaluate (menilai).

Desain pembelajaran mencakup seluruh proses yang dilaksanakan pada pendekatan sistem. Bagaimana strateginya agar desain pembelajaran dapat dikatakan berhasil ?

Strategi pembelajaran merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap pencapaian kompetensi hasil didik. Strategi pembelajaran telah mengalami perkembangan yang cukup pesat seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu diantaranya adalah e-learning. Perubahan paradigma strategi pembelajaran dari teacher centered ke learner centered mendorong untuk mengembangkan e-learning sebagai salah satu metode pembelajaran yang dipersepsikan bersifat learner centered. Pemanfaatan e-learning dapat memotivasi peningkatan kualitas pembelajaran dan materi/bahan ajaran, kualitas aktivitas dan kemandirian peserta didik, serta komunikasi antara guru dengan peserta didik maupun antar peserta didik. Proses pembelajaran e-learning ini memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara sistematis dengan mengintegrasikan semua komponen pembelajaran, termasuk interaksi pembelajaran lintas ruang dan waktu, dengan kualitas yang terjamin. Konsep pembelajaran elearning dapat diilustrasikan sebagai berikut :

konsep-elearning

Peserta didik sebagai input sistem, terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran yang dilakukan melalui media elektronik (berbasis web) dengan didukung fasilitas, kurikulum, guru dan komponen pendidikan lainnya, untuk mencapai mutu hasil didik (kompetensi) sesuai kebutuhan.

Perubahan paradigma strategi pembelajaran tersebut, membuat guru untuk Meningkatkan keahlian atau kompetensi lain yang menjadi bagian integral dari kinerja mengajarnya. Kompetensi tersebut adalah merancang proses belajar yang terbaik dan paling sesuai bagi peserta didik. Perlu diingat bahwa guru merancang dan mengembangkan proses belajar untuk orang lain, bukan untuk dirinya. Keberhasilan seseorang dalam belajarnya menjadi barometer kesuksesan guru. Jadi untuk mendisain suatu pembelajaran, perlu diperhatikan empat komponen dasar yaitu peserta didik, tujuan pembelajaran, metode, dan evaluasi.

Peserta didik adalah pihak yang menjadi focus suatu disain pembelajaran. Peserta didik sebelum dan selama belajar dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor baik fisik maupun mental. Kelelahan secara fisik atau mental peserta didik dapat mengurangi konsentrasi dan akan terjadi reduksi dalam penyerapan Materi. Oleh karena itu, para guru harus menciptakan situasi belajar yang kondusif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dan peserta didik merasa nyaman dan termotivasi dalam proses belajarnya.

Rumusan Tujuan pembelajaran merupakan penjabaran kompetensi yang akan dikuasai oleh peserta didik jika mereka telah selesai dan berhasil menguasai materi ajar tertentu. Setiap rumusan tujuan pembelajaran dikembangkan berdasarkan kompetensi yang harus dimiliki atau dikuasai peserta didik pada akhir pendidikan. Bila kompetensi dinilai terlalu rumit maka tujuan pembelajaran tersebut dirinci menjadi subkompetensi. Pada kurikulum saat ini, rumusan tujuan pembelajaran berupa Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang dahulu dikenal dengan Tujuan Instruksional Umum (TIU) dan Tujuan Instruksional Khusus (TIK).

Metode terkait dengan strategi pembelajaran dan dirancang agar proses belajar berjalan mulus. Metode adalah sebuah teknik yang dianggap jitu untuk menyampaikan materi ajar. Metode sangat menentukan situasi belajar karena metode merupakan komponen strategi pembelajaran biasa dikaitkan dengan media dan waktu yang tersedia untuk belajar. Strategi pembelajaran adalah upaya yang dilakukan oleh guru dalam menentukan teknik penyampaian pesan, penentuan metode dan media, alur isi pelajaran, serta interaksi antara guru dan peserta didik.

Evaluasi merupakan proses penilaian sebagai bahan masukkan bagi guru untuk mengetahui penyebab keberhasilan atau kegagalan sebuah pembelajaran. Evaluasi ini dapat dilakukan terhadap peserta didik, proses belajar, dan materi ajaran. Menilai ketiga komponen ini sangat penting. Indikator keberhasilan suatu tujuan belajar dapat diamati dari hasil belajar. Penilaian dapat dilakukan secara format soal dan atau nonsoal. Format soal merupakan penilaian yang diukur dengan kemampuan menjawab soal dengan benar. Format nonsoal dilakukan dengan instrumen pengamatan, wawancara, kusioner, dsb.

Kembali kepada konsep pembelajaran elearning. Elearning memungkinkan interaksi antar peserta didik dan interaksi peserta didik dengan guru dilakukan secara langsung (unsynchronous) melalui program yang dapat berbentuk tulisan, rekaman suara, film, dsb. Dengan mengembangkan prinsip belajar conditioning operan, peserta didik dapat belajar melalui serangkaian stimulus (pertanyaan) yang ditemukan sendiri. Komputer dapat digunakan sebagai alat untuk menyampaikan informasi atau ide-ide yang terkandung dalam pembelajaran kepada peserta didik bahkan kepada guru lainnya.

Selain itu komputer dapat juga digunakan sebagai media yang memungkinkan peserta didik belajar secara mandiri dalam memahami suatu konsep. Hal ini sangat memungkinkan, karena komputer mempunyai kemampuan mengkombinasikan teks, suara, warna, gambar, Gerak dan video, serta membuat suatu kepintaran yang sanggup menyajikan proses interaktif. Berbagai model pembelajaran yang bersifat individual learning dan mastery learning dapat diterapkan seperti drill, practice, tutorial, simulasi dan games instruction.

Filed under: Diklat, IBSN, Indonésie, , , , , , , , , , , ,

12 Responses

  1. designer handbags mengatakan:

    I like handbags, do you?

  2. […] Blog, daku belajar memanfaatkan fasilitas Webquest sebagai pembelajaran secara mandiri bagi siswa dan guru. Pada webquest, kita dapat menemui sebuah kasus atau tugas bagi siswa dan cara […]

  3. […] Oleh : Drs. R. Okta Kurniawan, M.M […]

  4. cenya95 mengatakan:

    @ira mirawati: langsung ke TKP dan good hasilnya. Thanx.
    @juliach: hahaha… bisa jadi.

  5. juliach mengatakan:

    kalo di indonesia itu kebanyakan murid seh! jadi perhatian guru ngak rata

  6. ira mirawati mengatakan:

    Bapaaaaak…
    Blognya sudah saya buat
    http://www.ctcfiles.wordpress.com
    Bapak orang pertama yang saya link dan orang pertama yang saya kabari….
    saya juga minta ijin, post bapak ini saya jadikan postingan pertama di blog tersebut…
    terimakasih untuk dukungan yang diberikan…

  7. cenya95 mengatakan:

    @drizzletrouble: semoga berhasil ujiannya.
    @Itmam Aulia : Amin
    @pengendara : harus diterapkan sensei.
    @ira mirawati: menunggu dengan sabar… ni.
    @Desnila Sari : Hmmm… UUD dapat diabaikan bila mau berbagi dan beramal demi mencerdaskan bangsa ini. Bagaimana ?

  8. Desnila Sari mengatakan:

    Saya setuju dengan pendapat tersebut. Namun apakah semua itu akan terwujud bila dana terbatas? Dana Pendidikan di Indonesia berapa sih? Kita Pengajar ingin sekali hal itu dapat terwujud. Namun terhambatnya di UUD (ujung-ujungnya duit). Betul tidak?

  9. ira mirawati mengatakan:

    Tulisan yang sangat bermanfaat. I Love It….
    saya jadi teringat blog Training yang mau saya buat dan belum terlaksana hehe

  10. pengendara mengatakan:

    ini khan teorinya,
    .
    bagaimana implementasinya di kelas pak ?

  11. Itmam Aulia mengatakan:

    desain pembelajaran butuh dana yang menopang langkah2 selanjutnya….!!! dan kini pemerintah mulai tanggap akan hal itu, dengan menggratiskan seluruh sekolah dasar dan menengah di indonesia, serta menambah subsidi pendidikan.. semoga saja tercita masyarakat yang madani nantinya…🙂

  12. drizzletrouble mengatakan:

    saya peserta didik niy,
    waduh.. semenjak kelas 3, rasany lbh bnyk DIPENUHI materi . . . . jarang fun niy d kelas..
    tp gpp ding,
    bismillah…
    bs0g ujian praktik ipa:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan dan menerima pemberitahuan tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 1.043 pengikut lainnya

Halaman

Award

Dunia Nyata :

1. The Best Blog pada Lomba Blog Badiklat Dephan.

2. Juara Harapan Lomba WebBlog Korpri Dephan.

3. Winner Lucky Votter at 2nd IBSN Blog Award

Dunia Maya :

1. Award Nyante Aza Lae from Sarah

2. Award Gokilzz from Sarah

3. Award Oscar from Sarah

4. Special Award Special Day from Mahendra and from Aling

5. Friendly blogger award 2009 from Ofa Ragil Boy

6. Your blog is Fabulous from Newbiedika

7. Bertuah Award 2009 from Newbiedika and from wahyu ¢ wasaka

8. Kindly Blogger 2009 from Newbiedika

9. Smart Blogger from Newbiedika

10. Super Follower Award from Newbiedika

11. Your BLOG makes us SMILE from Newbiedika

12. Friendship Emblem from Newbiedika

13. Tutorit Friendship from Mahendra

14. Special Award Special 4U from Siti Fatimah Ahmad

15. Pasopati Award from Ali Haji, from newbiedika-fly, and from diazhandsome

16. Award Mawar Merah from OLVY

17. Bintang Wiki Wikipedia from Aldo Samulo

18. Award Perkasa - kau adalah yang terbaik from Siti Fatimah Ahmad

19. Award Truly Blogger from Pelangiituaku

20. Stylish Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad

21. Beginner Experienced Editor Wikipedia from Wagino & Mikhailov Kusserow

22. Very Inspiring Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad.

23. Liebster Award from Siti Fatimah Ahmad.

enjoy-jakarta

logo-ibsn-11

hiblogikoh

%d blogger menyukai ini: