FAITES COMME CHEZ VOUS

Beramal dengan ilmu dan pengalaman mulai dari rencana, organisasi, kontrol sampai evaluasi. Diharapkan dapat mencerdaskan bangsa demi negara tercinta, NKRI. Semoga bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Fanatik dari Fanaticus

Fanatik berasal dari bahasa latin “fanaticus”.

Orang fanatik memiliki keteguhan hati yang kuat. Dapat dikatakan “Jatuh cinta pada pandangan pertama dan tidak mau pindah ke lain hati”. Tapi fanatik terhadap seseorang tidak selalu baik dan benar. Kenapa ? karena fanatik dapat menjerumuskan ke lobang kepahitan. Baik buruk seseorang dimatanya akan terlihat selalu baik. Pada wikipedia.co.id : Fanatisme adalah sebuah keadaan di mana seseorang atau kelompok yang menganut sebuah paham, baik politik, agama, kebudayaan atau apapun saja dengan cara berlebihan (membabi buta) sehingga berakibat kurang baik, bahkan cenderung menimbulkan perseteruan dan konflik serius. Dalam konteks kehidupan sehari-hari, fanatisme juga berarti kesenangan yang berlebihan (tergila-gila, keranjingan).

Bila si fanatik tahu keburukan orang tersebut dan pindah ke lain hati. Ini akan dianggap sebuah penghianatan. Padahal belum tentu ini sebuah penghianatan, mungkin saja ini sebuah pembelajaran bagi orang tersebut.

Berikut ini saya ilustrasikan sebuah dialog sebagai pembelajaran menjelang Pemilu. Dialog ini terjadi saat Pemilu di Prancis tahun 2004. Sebuah pelajaran politik yang berharga bagi saya. Cuplikannya sebagai berikut :

Saya (S) : Annick, menurut anda partai apa yang akan memenangkan pemilu di sini (Rochefort) ?
Rochefort sebuah kota kecil di Propinsi Poitou-Charentes, Prancis.
Annick (A) : Saya yakin partai Droit (kanan).
S : Anda dari partai Droit ?
A : Bukan, Saya simpatisan dari Partai Gauche (kiri).
S : Lho… koq, anda begitu yakin yang menang bukan dari partai anda ?
A : Ya… saya yakin karena saya sendiri akan milih Partai Kanan dan yang lain (simpastisan Partai Kiri) juga akan sama dengan saya.
S : Kenapa ?
A : Karena saya tidak setuju dengan rencana kebijakan dari Partai Kiri bila memenangkan Pemilu ini.
S : Ooh.. jadi sekarang anda jadi simpatisan Partai Kanan.
A : Tidak… tidak, saya tetap simpatisan Partai Kiri dan sampai kapan pun saya tidak suka Partai Kanan.
S : ???
A : Ya… ini pelajaran untuk pengurus Partai Kiri. Mereka sudah tahu jumlah simpatisannya dan akan terkejut bila tahu simpatisannya memilih partai lain. Biar mereka intropeksi diri dan merubah rencana kebijakannya bila ingin memenangkan Pemilu berikutnya.
S : Ooh… lha kalo ketahuan milih partai lain ?
A : Kenapa harus takut ? Saya milih mereka dengan tujuan agar kehidupan masyarakat terjamin tentang kesejahteraan rakyat, keadaan yang aman dan damai, serta kondisi yang adil dan demokratis. Ya… khan… ?
S : Ya… ya… memang seperti itu keinginanku. (Dibenakku terpikir bahwa saya harus baca ni… rencana kebijakan semua partai sebelum memilih… jangan sampai salah pilih… kudu selektif). Terima kasih Annick.
A : Terima kasih kembali

Waaaow… kedewasaan berpolitik.

Sejak saat itu, saya mulai membandingkan visi, misi dan strategi serta rencana semua partai di NKRI ini. Dan saya tidak terlalu fanatik lagi terhadap satu partai atau satu orang karena saya akan memilih yang terbaik.

Bagaimana dengan pilihan anda ? GOLPUT atau  tidak ?

Filed under: Article, cenya, Cerpen, Curhat, Diklat, IBSN, Indonésie, Jurnal, NaBloPoMo09, , , , , , , , , , , ,

34 Responses

  1. cenya95 mengatakan:

    @Budiono Darsono: gelap mata.. kaleee.
    @bujanglahat, @omiyan, @humor lucu, @achoy, @indahrephi, @bluethunderheart, @michaelsiregar, @ dani: yup… betul.
    @rayearth2601, @xentala, @Ersis Warmansyah Abbas: Thanx.. banget
    @heru, @hejis, @siwi, @HE Benyamine: Met mencari …
    @myryani: Ti-hati nanti malah senang betul lho…
    @accan: me too…
    @sarahtidaksendiri: Optimis berhubungan dengan keyakinan, sedangkan obsesi berhubungan dengan keinginan.
    @dobleh yang malang: semangat….!!! thanx

  2. sarahtidaksendiri mengatakan:

    mm..kira2 klo org fanaik bs dikategorikan sebagai org yg optimis dan terobsesi g y? Klo iya, btsan untuk ekdua defenisi itu gmn y… *pusing sendiri mode on*

  3. dani mengatakan:

    gemana kalo fanatik tapi tetep rasional..namanya apa ya
    tp segala sesuatu yg berlebihan (fanatisme) kan memang kurang baik

  4. michaelsiregar mengatakan:

    Golput juga suatu sikap koq …. kalau misalnya dirasakan bahwa semua peserta Pemilu cuma omong doang dan Serigala berbulu domba… kenapa harus memaksakan diri…?!
    Fanatisme diperlukan dalam konteks yang benar dan tidak berlebihan, yang berbahaya adalah Fanatisme yang membabi buta sehingga menutup daya nalar dan pikiran yang benar…

  5. accan mengatakan:

    Politik… politik.. pusing klo mikirin Indoneisa, tapi aku love Indonesia😛

  6. dobleh yang malang mengatakan:

    sahabat…..semangat ya semangat.pasti ada banyak ide tuk postingan ok
    salam hangat selalu

  7. HE. Benyamine mengatakan:

    Sama partai ya tidak perlu fanatik, kecuali jadi pengurusnya. Saat ini rasanya partai yang ada sama aja, beda pengurus saja, nah jika tdk ada perbedaan maka sulit lah memilihnya.

  8. Hejis mengatakan:

    Rasanya hingga saat ini belum ada partai yang meyakinkan saya, bahwa setelah menang partai itu akan memperbaiki negara ini. Partai-partai besar sudah menunjukkan keburukannya. Jadi buat apa memilih mereka. Partai-partai kecil belum menunjukkan kinerja yang baik, terlihat dari kader-kader mereka. Jadi sulit yah, buat saya sih.

  9. Heru mengatakan:

    sedang mencari partai dengan visi misi yang jelas dan realistis supaya tidak golput (MUI marah kalau goput he he)

  10. siwi mengatakan:

    Ga suka politik. Ga pernah fanatik sama parpol. Tapi sekarang sedang mengamati parpol2 yang ada dan ingin memilih salah satu diantaranya yang paling berpihak pada rakyat. Ada yg bisa membantu, kira2 partai apakah itu?😛

  11. Myryani mengatakan:

    saya sech gk suka politikk,,,,,,,,,

  12. xentala mengatakan:

    keren mas postinganya.
    keep touch spirit..

    best regard

    xentala

  13. bluethunderheart mengatakan:

    sahabat………..aku fanatik banget sama bacaan sastra trus sama KD……halah!
    selamat malam serta salam hangat selalu

  14. INDAHREPHI mengatakan:

    sampe sekarang saya ga bs suka sm yang namanya politik..selain itu, saya jg buta utk hal2 yang berbau politik.. makanya saya ga bs fanatik sm salah satu parpol… sm spt mas Cenya, saya ingin memilih yang terbaik, bukan hanya untuk saya aja, tp utk semuanya…saya ga pengen golput, tp sayangnya sm KPU DKI jakarta saya blm didata, jadi, alamat deh saya ndak milih mas hehehe

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan dan menerima pemberitahuan tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 1.043 pengikut lainnya

Halaman

Award

Dunia Nyata :

1. The Best Blog pada Lomba Blog Badiklat Dephan.

2. Juara Harapan Lomba WebBlog Korpri Dephan.

3. Winner Lucky Votter at 2nd IBSN Blog Award

Dunia Maya :

1. Award Nyante Aza Lae from Sarah

2. Award Gokilzz from Sarah

3. Award Oscar from Sarah

4. Special Award Special Day from Mahendra and from Aling

5. Friendly blogger award 2009 from Ofa Ragil Boy

6. Your blog is Fabulous from Newbiedika

7. Bertuah Award 2009 from Newbiedika and from wahyu ¢ wasaka

8. Kindly Blogger 2009 from Newbiedika

9. Smart Blogger from Newbiedika

10. Super Follower Award from Newbiedika

11. Your BLOG makes us SMILE from Newbiedika

12. Friendship Emblem from Newbiedika

13. Tutorit Friendship from Mahendra

14. Special Award Special 4U from Siti Fatimah Ahmad

15. Pasopati Award from Ali Haji, from newbiedika-fly, and from diazhandsome

16. Award Mawar Merah from OLVY

17. Bintang Wiki Wikipedia from Aldo Samulo

18. Award Perkasa - kau adalah yang terbaik from Siti Fatimah Ahmad

19. Award Truly Blogger from Pelangiituaku

20. Stylish Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad

21. Beginner Experienced Editor Wikipedia from Wagino & Mikhailov Kusserow

22. Very Inspiring Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad.

23. Liebster Award from Siti Fatimah Ahmad.

enjoy-jakarta

logo-ibsn-11

hiblogikoh

%d blogger menyukai ini: