FAITES COMME CHEZ VOUS

Beramal dengan ilmu dan pengalaman mulai dari rencana, organisasi, kontrol sampai evaluasi. Diharapkan dapat mencerdaskan bangsa demi negara tercinta, NKRI. Semoga bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Pertahanan Militer dan Nirmiliter

Pertahanan militer, yang dipersepsikan didukung / diorientasikan dengan pertahanan tri-matra akan berbeda dengan pertahanan nir-militer. Mengingat, UU No. 3/2002 pasal 7 menyatakan bahwa penyelenggaraan pertahanan Negara dengan sistem pertahanan Negara dalam menghadapi ancaman militer menempatkan TNI sebagai komponen utama dengan didukung oleh komponen cadangan dan pendukung. Padahal, dipahami bahwa ancaman militer dengan menempatkan TNI sebagai komponen utama. Tidak menutup adanya tugas pokok TNI (UU 34/2004 pasal 7) yang dilakukan dengan operasi militer untuk perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP). Pada persoalan yang menyentuh OMSP, sebenarnya sangat riskan jika kurang dicermati aktualisasinya. Mengingat, kepatutan TNI yang telah konsisten mengamankan segala kebijakan dan keputusan politik Negara jangan lantas dikaburkan dengan adanya pertahanan nir-militer yang dipersepsikan menghadapi ancaman non militer yang menempatkan lembaga pemerintah diluar bidang pertahanan sebagai unsur utama, yang didukung unsur lain dari kekuatan bangsa.

Munculnya doktrin pertahanan (hasil revisi) dengan referensi UU No. 2/2002 dan UU No. 34/2004, selanjutnya ditetapkan doktrin pertahanan sebagai hirarkhi yang tatarannya tertinggi (Grand Strategy/strategi raya) akan sangat membantu batasan pertahanan militer dan nir-militer. Begitupun, prediksi terukur (UU No. 34/2004 pasal 3) akibat efektivitas dan efisiensi pengelolaan pertahanan Negara, pada masa yang akan datang institusi TNI berada dalam koordinasi Dephan akan ditaati (jika UU tidak diamandemen/dirubah). Keputusan dan/atau kebijakan politik (supremasi sipil) Negara, dalam hal ini Dephan yang mempunyai otoritas untuk menentukan. Kepastian tentang pemahamam soal pertahanan Negara sebagaimana yang menjadi indikator salah satu terwujudnya prioritas pembangunan nasional jangka menengah mengenai Indonesia yang damai dan aman yang sangat didambakan. Dengan kata lain, pertahanan nir militer yang lebih diarahkan analogi dengan doktrin pertahanan sangat dibutuhkan eksistensinya.

Undang-Undang RI Nomor 3 Tahun 2002 menyebutkan bahwa segala sumber nasional yang berupa sumber daya manusia, sumber daya alam dan buatan, nilai-nilai, teknologi dan dana dapat didaya gunakan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan Negara yang diatur lebih lanjut dengan peraturan pemerintah. Karena itu, tugas Dephan adalah mengembangkan pertahanan nir-militer, disamping merancang kebijakan dan strategi pembangunan kekuatan TNI. Dihampir setiap Negara unsur-unsur pertahanan nir-militer terkandung secara eksplisit maupun implicit dalam kebijakan pertahanannya. Namun Indonesia secara khusus mencantumkan pertahanan nir-militer oleh karena system pertahanan dan keamanan rakyat semesta (Sishankamrata) adalah amanah Undang Undang Dasar. Indonesia mengembangkan pertahanan nir-militer atas dasar beberapa hal pokok. Pertama, Sishankamrata mengajak seluruh warga Negara sebagai bagian integral dari pertahanan Negara. Sumber daya nasional yang utama dan terpenting adalah sumber daya manusia. Kedua, Sumber daya manusia menjadi bagian terpenting dari pertahanan nir-militer karena perang modern sekarang ini melibatkan unsur perang otak, perang selisih keunggulan dan perang daya cipta dalam percaturan ekonomi, teknologi dan ilmu pengetahuan sejak akhir tahun 1960-an dan awal 1970-an.

Hal ini, tak lepas juga soal keamanan nasional yang sifatnya menasional, melibatkan semua lapisan bangsa (komponen bangsa). Pertahanan militer, dan bahkan pertahanan nir militer akan menjadi jelas. Manakala, persoalan Grand Strateginya, seperti doktrin pertahanan sudah ada (direvisi). Hal-hal seperti ini, yang mempengaruhi sulit dan tidaknya mewujudkan kepentingan nasional dan/atau tujuan nasional, termasuk dalam merumuskan kebijakan-kebijakan pertahanan.

Yang dimaksud kepentingan nasional (UU No. 3/2002 penjelasan pasal 12) adalah tetap tegaknya NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta terjaminnya kelancaran dan keamanan pembangunan nasional yang berkelanjutan guna mewujudkan tujuan pembangunan dan tujuan nasional. Kepentingan nasional diwujudkan dengan memperhatikan tiga kaidah pokok, yaitu :

  1. Tata kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  2. Upaya pencapaian tujuan nasional dilaksanakan melalui pembangunan nasional yang berkelanjutan, berwawasan lingkungan, dan berketahanan nasional berdasarkan wawasan nusantara.
  3. Sarana yang digunakan adalah seluruh potensi dan kekuatan nasional yang didayagunakan secara menyeluruh dan terpadu.

Filed under: IBSN, Indonésie, Pertahanan, Politik, , , , , , , , , , , , , , , ,

9 Responses

  1. Raka1572 mengatakan:

    […]   BELA NEGARA biasanya selalu dikaitkan dengan militerisme, seolah-olah kewajiban dan tanggung jawab untuk membela negara terletak pada TNI. Padahal […]

  2. Guanggaung mengatakan:

    […] Bela Negara biasanya selalu dikaitkan dengan militerisme, perang, berjuang hingga berdarah – darah, seolah-olah kewajiban dan tanggung jawab untuk […]

  3. […] Ancaman di NKRI Bela Negara biasanya selalu dikaitkan dengan militerisme, seolah-olah kewajiban dan tanggung jawab untuk membela negara terletak pada TNI. Padahal […]

  4. Cenya95 mengatakan:

    @septarius, @pengendara, @okta sihotang : yuuuk… ikut
    @mikekono: setuju, Mas.
    @estu: baca ajah, tdk mudeng, tdk pa-apa. Ntar juga mudeng dgn sendirinya.😀

  5. estu mengatakan:

    waduh nggak mudeng saya
    maklum masih kecil hehehehe

  6. mikekono mengatakan:

    yang pasti sistem keamanan
    nasinal baik militer dan militer
    harus terus digalang, supaya
    semakin solid dan handal
    dalam mengamankan kepentingan negara
    hmmmmm 🙂

  7. okta sihotang mengatakan:

    coba cek dulu ah…

  8. pengendara mengatakan:

    @ septa :
    .
    okay, mikir-mikir dulu yah !
    (lagi pede dot com)

  9. septarius mengatakan:

    guys…ikutan 3rd IBSN Blog award yuk..

    akhir pandaftaran artikel 25 Maret ’09 jam 23.59 wib..

    IBSN = Berbagi Tak Pernah Rugi ^_^

    http://ibsn.web.id/3rd-ibsn-blog-award

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan dan menerima pemberitahuan tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 1.043 pengikut lainnya

Halaman

Award

Dunia Nyata :

1. The Best Blog pada Lomba Blog Badiklat Dephan.

2. Juara Harapan Lomba WebBlog Korpri Dephan.

3. Winner Lucky Votter at 2nd IBSN Blog Award

Dunia Maya :

1. Award Nyante Aza Lae from Sarah

2. Award Gokilzz from Sarah

3. Award Oscar from Sarah

4. Special Award Special Day from Mahendra and from Aling

5. Friendly blogger award 2009 from Ofa Ragil Boy

6. Your blog is Fabulous from Newbiedika

7. Bertuah Award 2009 from Newbiedika and from wahyu ¢ wasaka

8. Kindly Blogger 2009 from Newbiedika

9. Smart Blogger from Newbiedika

10. Super Follower Award from Newbiedika

11. Your BLOG makes us SMILE from Newbiedika

12. Friendship Emblem from Newbiedika

13. Tutorit Friendship from Mahendra

14. Special Award Special 4U from Siti Fatimah Ahmad

15. Pasopati Award from Ali Haji, from newbiedika-fly, and from diazhandsome

16. Award Mawar Merah from OLVY

17. Bintang Wiki Wikipedia from Aldo Samulo

18. Award Perkasa - kau adalah yang terbaik from Siti Fatimah Ahmad

19. Award Truly Blogger from Pelangiituaku

20. Stylish Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad

21. Beginner Experienced Editor Wikipedia from Wagino & Mikhailov Kusserow

22. Very Inspiring Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad.

23. Liebster Award from Siti Fatimah Ahmad.

enjoy-jakarta

logo-ibsn-11

hiblogikoh

%d blogger menyukai ini: