FAITES COMME CHEZ VOUS

Beramal dengan ilmu dan pengalaman mulai dari rencana, organisasi, kontrol sampai evaluasi. Diharapkan dapat mencerdaskan bangsa demi negara tercinta, NKRI. Semoga bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Hasil Rakornis Diklat masih Tanda Tanya

Badiklat Dephan sebagai eselon pelaksana Dephan mempunyai tugas dan fungsi pengkajian serta melaksanakan diklat untuk memenuhi tuntutan kebutuhan organisasi di lingkungan Dephan, Mabes TNI, dan Angkatan. Salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Badiklat adalah Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Diklat. Rakornis ini diperlukan karena diklat merupakan upaya secara sadar, teratur, dan bertahap dalam rangka meningkatkan kemampuan personel baik kepribadian, keterampilan maupun pengetahuannya sehingga mampu berperan dan mengemban tugas sebagai personel yang profesional, efektif dan efisien. Dan Rakornis Diklat sebagai tindak lanjut dari Direktif Menhan.

Banyak permasalahan yang muncul pada Rakornis Diklat mulai dari tataran kewenangan dalam pengelolaan Diklat sampai dengan kendala yang dihadapi PNS dari sebelum sampai dengan sesudah mengikuti Diklat. Rakornis ini menghasilkan pokok-pokok pikiran tentang pengelolaan diklat. Namun semuanya itu hanya sebagai usulan kepada Pimpinan dalam menentukan kebijakan lebih lanjut. Semoga usulan tersebut dapat perhatian dari Pimpinan dan ditindaklanjuti…

Ada baiknya, kita mengetahui Peraturan Presiden RI Nomor 38 Tahun 2008 tanggal 28 Mei 2008 tentang Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2009, khususnya upaya  pemerintah untuk meningkatkan kinerja dan kesejahteraan PNS.

Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2009 pada Masalah dan Tantangan Pokok Tahun 2009 tentang Meningkatkan Kinerja dan Kesejahteraan PNS.

PNS merupakan ujung tombak dalam menyediakan pelayanan pada masyarakat yang perlu ditingkatkan kinerja dan kesejahteraannya. Dalam upaya peningkatan kinerja dan kesejahteraan aparatur negara khususnya PNS, permasalahan yang dihadapi adalah (1) sistem pendidikan dan pelatihan (Diklat) bagi PNS, baik Diklat struktural maupun fungsional, dinilai sudah tidak sesuai lagi dengan tuntutan profesionalisme PNS dan peningkatan kinerja birokrasi pemerintah, khususnya dari sisi kurikulum dan strategi pembelajarannya. (2) Kenaikan remunerasi bagi PNS termasuk anggota TNI dan POLRI selama ini masih terbatas pada penambahan penghasilan, belum mempertimbangkan penyempurnaan struktur penggajian secara adil, layak dan berbasis kinerja, dan (3) UU No. 43 Tahun 1999 tentang Pokok-pokok Kepegawaian perlu disempurnakan sejalan dengan perkembangan kebijakan di bidang penyelengaraan negara dan tuntutan penataan SDM aparatur secara lebih terpadu. Oleh sebab itu, dalam rangka peningkatan kinerja dan kesejahteraan PNS adalah (1) menyempurnakan sistem Diklat, kurikulum dan pengembangan strategi pembelajaran untuk mendorong peningkatan kualitas kinerja dan profesionalisme PNS, (2) mengembangkan sistem remunerasi PNS termasuk juga bagi TNI dan POLRI, yang mencerminkan sistem reward and punishment yang adil, layak dan berbasis kinerja, dan (3) melakukan penyempurnaan peraturan perundang-undangan yang terkait dengan kepegawaian khususnya UU No. 43/1999.

Menhan menindaklanjuti Rencana Kerja Pemerintah ini dengan mengeluarkan Direktif No. DIR/01/M/X/2008 tentang Pembinaan PNS di lingkungan Dephan, TNI, dan Angkatan. Intisari Direktif Menhan dapat dilihat di sini. Pada angka 6 huruf b dan huruf f yang berbunyi sebagai berikut :

6. Implementasi. Pada hakekatnya manajemen pembinaan PNS yang ditugaskan pada Unit Organisasi Dephan, Mabes TNI dan Angkatan perlu segera dirumuskan jabarannya secara bersama-sama anatara Pejabat kepegawaian Dephan, Mabes TNI dan Angkatan serta instansi terkait. Berikut adalah hal-hal yang memerlukan penekanan untuk diimplementasikan :

a. … dst.

b. Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Pra Jabatan (Diklat Prajab) dan jenis Diklat lainnya bagi CPNS.

  1. Jabaran ketentuan tentang penyelengaraan Diklat Prajab perlu segera dirumuskan bersama Badiklat Dephan, Biro Kepegawaian Setjen Dephan dan Pejabat personel Mabes TNI dan Angkatan.
  2. Nomenklatur Pendidikan dan Pelatihan Dasar Militer (Diklatsarmil) diubah menjadi Pendidikan Pelatihan Dasar Bela Negara (Diklat Bela Negara).
  3. Ketentuan tentang Diklat Bela Negara bagi CPNS perlu segera dirumuskan bersama oleh Badiklat Dephan, Biro Kepegawaian Setjen Dephan, Ditjen Pothan dan Pejabat personel Mabes TNI dan Angkatan.

c. … s.d. e. … dst.

f. Peningkatan Kompetensi.

  1. Seluruh kebutuhan peningkatan kompetensi PNS golongan III ke atas melalui pendidikan dan pelatihan agar dikoordinasikan kepada Badiklat Dephan.
  2. Peningkatan kompetensi PNS golongan III ke atas melalui diklat yang diselenggarakan oleh lembaga Diklat Dephan, Mabes TNI dan Angkatan diberikan sertifikat. Setiap sertifikat diberikan nomor registrasi oleh Badiklat Dephan dan ditandatangani oleh pejabat lembaga diklat dan oleh Kabadiklat Dephan.

Jelas sekali, Rencana Kerja Pemerintah dalam meningkatkan kinerja dan kesejahteraan PNS melalui Diklat. Namun kenyataannya di lapangan, untuk peningkatan kompetensi PNS melalui diklat mengalami penurunan, dalam hal jumlah peserta diklat. Salah satu alasannya adalah tidak diberikan uang makan bagi PNS yang sedang menjalani tugas belajar (sesuai pasal 4. Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor : PER-05/PB/2008 tanggal 11 Februari 2008 tentang Perubahan atas Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor : PER-12/PB/2007 tentang Prosedur dan Tata Cara Permintaan serta Pembayaran Uang Makan bgi PNS. Bila ditinjau lebih lanjut, Peraturan ini bertentangan dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 06/PMK.05/2008 tanggal 29 Januari 2008 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 22/PMK.05/2007 tentang Pemberian Uang Makan bagi PNS. Hmmm … akan panjang pembahasannya untuk hal ini).

Kembali ke Rakornis Diklat.:mrgreen:

Meskipun telah dibahas pada kegiatan Pra Rakor, tetap saja, pokok-pokok pikiran yang dihasilkan pada Rakornis hanya sebagai bahan masukkan Pimpinan. Dan selanjutnya … tergantung Pimpinan…🙂

Bagaimana dengan Lemdik di tempat Anda ?

Filed under: Article, Diklat, Jurnal, Pertahanan, , , , , , , , , , , , , , , , ,

33 Responses

  1. clear list or reset lists?

  2. van deka mengatakan:

    kepada penulis, pns dephan/tni , januari 2010 ikut remunerasi ngk ya?
    serentak dengan TNI/POlri?

  3. nur mengatakan:

    saya capek nunggu kbr diklat angk’2008. harap2 cemas. ktnya nyeremin bin nyusahin

  4. Cenya95 mengatakan:

    @ all : makasih atas perhatiannya. Qta dah buat koq telaahannya. Kesejahteraan pegawai perlu dan harus diperhatikan bila ingin kinerja pegawai tsb meningkat dan begitu pula dengan produk yg dihasilkannya. …
    Semangat menambah ilmu.

  5. heru mengatakan:

    Dibuat telaahan ajah, Pak… Qta dukung.. dech
    Sekalian promo.😀

  6. abimanyoe17 mengatakan:

    sukron dah kunjung…
    amin..LAm hangat terdahsyat

  7. Anton H Biantoro mengatakan:

    Hallo Cenya 95, posting ini sangat bermutu, terutama harus di baca oleh eselon pimpinan Dephan dan oleh PNS senior Dephan. Anda telah berpikir luas dan komprehensif, artinya telah melaksanakan kewajiban dengan baik. Jadi, jangan terlalu khawatir apalagi putus asa, karena sebagaimana pengalaman kita selama ini, tidak semua hal akan berlangsung seperti skenario kita, setidaknya butuh waktu dan kesabaran serta keuletan untuk mencapainya!
    Cenya 95, jangan pernah kendorkan semangat, meski apa pun yang terjadi di sekitar kita ……
    Seseorang mungkin tidak bisa merubah dunia, tapi dia pasti bisa merubah dirinya sendiri menjadi lebih baik, kemudian kalau dia sudah cukup baik Insya Allah akan dapat merubah lingkungannya sedikit demi sedikit menjadi lebih baik pula ….. Andai saja semua orang melakukan itu …. bukankah tidak mungkin dunia ini berubah jadi baik ….? Viva Badiklat!

  8. bokers mengatakan:

    dan mas cenya95 tidak berhasil menangkap bola dan GOL!!!!!

    mampir ya k blog boker ada yang abru tuh,,,,

  9. bokers mengatakan:

    ya boker menendang bola!!!!

  10. bokers mengatakan:

    wah kalo boker mah gak ngerti kayak gini gini,,,,

    maklum boker kan oon

  11. bokers mengatakan:

    baca dolo baru koment ah,,

  12. Cengkunek mengatakan:

    mau komen tapi gak ngerti bahasannya
    maklum, bukan PNS

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan dan menerima pemberitahuan tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 1.043 pengikut lainnya

Halaman

Award

Dunia Nyata :

1. The Best Blog pada Lomba Blog Badiklat Dephan.

2. Juara Harapan Lomba WebBlog Korpri Dephan.

3. Winner Lucky Votter at 2nd IBSN Blog Award

Dunia Maya :

1. Award Nyante Aza Lae from Sarah

2. Award Gokilzz from Sarah

3. Award Oscar from Sarah

4. Special Award Special Day from Mahendra and from Aling

5. Friendly blogger award 2009 from Ofa Ragil Boy

6. Your blog is Fabulous from Newbiedika

7. Bertuah Award 2009 from Newbiedika and from wahyu ¢ wasaka

8. Kindly Blogger 2009 from Newbiedika

9. Smart Blogger from Newbiedika

10. Super Follower Award from Newbiedika

11. Your BLOG makes us SMILE from Newbiedika

12. Friendship Emblem from Newbiedika

13. Tutorit Friendship from Mahendra

14. Special Award Special 4U from Siti Fatimah Ahmad

15. Pasopati Award from Ali Haji, from newbiedika-fly, and from diazhandsome

16. Award Mawar Merah from OLVY

17. Bintang Wiki Wikipedia from Aldo Samulo

18. Award Perkasa - kau adalah yang terbaik from Siti Fatimah Ahmad

19. Award Truly Blogger from Pelangiituaku

20. Stylish Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad

21. Beginner Experienced Editor Wikipedia from Wagino & Mikhailov Kusserow

22. Very Inspiring Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad.

23. Liebster Award from Siti Fatimah Ahmad.

enjoy-jakarta

logo-ibsn-11

hiblogikoh

%d blogger menyukai ini: