FAITES COMME CHEZ VOUS

Beramal dengan ilmu dan pengalaman mulai dari rencana, organisasi, kontrol sampai evaluasi. Diharapkan dapat mencerdaskan bangsa demi negara tercinta, NKRI. Semoga bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Sajak Pendek untuk Pak Guru #1

Tris betul-betul kaget. Elsa berdiri di depannya, mematung, memandang tajam, memandangi Tris yang baru saja duduk selesai mengajar jam Ketiga dan keempat. Istirahat sekarang. Mata Tris tertumbuk pada wajah keras dengan bibir terkatup.

Di ruang guru itu beberapa siswa mondar-mandir menghubungi guru untuk berbagai kepentingan. Ada yang pinjam telepon. Ada yang minta ulangan susulan. Ada juga yang protes karena salah menjumlah nilai.

Tris tegang. Mengenakkan duduk. Menjangkau gelas teh. Membukanya. Minum. Diletakkan kembali setelah ditutup. Serius dia kini. Memperbaiki sikap duduk

~ ”Kalau ada yang kau perlukan, silahkan duduk”

Elsa menarik kursi, duduk tenang-tenang. Matanya tetap tajam memandangi Tris. Wajahnya kaku

~ ”Ada apa ?”

Elsa diam saja. Tak berubah wajahnya. Anak cantik ini tak mengubah sikapnya. Resmi dan diam.

Tris tergetar.

Mata dibalik kacamata itu memancarkan sinar yang sulit ditebak.

Tris gelisah. Ia tahu Elsa ini anak yang mampu menggelitik hatinya. Kagum ia pada kemampuan Elsa dalam menangkap materi pelajaran yang ia berikan, Bahasa dan Sastra Indonesia. Kalimat-kalimat yang disusunnya betul-betul dapat diketengahkan. Elsa mampu menundukkan wartawan-wartawan surat kabar dalam menyusun kalimat. Strukturnya bagus. Logikanya prima. Diksi terpelihara dan akurat. Apalagi kalau menyusun tanggapan sekilas.

Tris ingat Elsa mampu membuat tanggapan baca puisi, Khotbah, rekaman suara Rendra. Artistiknya tanggapan itu ! Dibacakannya di kelas. Diulasnya. ~ “Kalau wartawan masih meragukan kemampuan anak SMA dalam berbahasa, baca ini !”. Anak-anak gembira.

Untuk apa Elsa kemari, itu yang dipikirkannya.

~ “Ada yang ingin kau sampaikan ?”

Masih diam

~ “Ada yang penting ?”

Masih diam

~ “Bicaralah ! Saya dengarkan.”

Masih diam

Tris jengkel … mata itu tidak berubah.

Tris jengkel … wajah itu juga

Tris jengkel … !

~ “Apa sebenarnya yang ingin kau sampaikan ?”

Masih diam.

Tiba-tiba bicara. Suaranya berdesis, tetapi terdengar jelas kata-katanya

~ “Saya membenci Bapak”

Deg..

Ada yang menyala di dada Tris. Hatinya meledak. Anak ini bicara dalam sikap seperti itu. Kugebrak anak ini. Terlalu ! Berdesak-desak kata-kata dalam dadanya. Tak dikeluarkan. Tris sadar. Kesadaran seorang guru yang siap menghadapi apa pun yang terjadi dengan hati panas dan kepala dingin.

~ “Mengapa benci ?”

~ “Tidak tahu”

~ “Saya tahu benci. Tetapi mengapa ?”

~ “Pokoknya benci saja.”

~ “Benci terhadap materi pelajaran yang saya berikan ?”

Menggeleng.

~ “Benci terhadap cara saya tampil di kelas dalam menyajikan materi ?”

Menggeleng.

~ “Benci pada sikap saya dalam mengajar ?”

Menggeleng.

Aneh.

Ledakan yang bergemuruh di dada Tris tak mau mereda. Hatinya kian panas.

Sikap anak ini ! Menantang berani.

~ “Saya mengenal Elsa. Saya kagum. Elsa mampu berbahasa Indonesia dengan prima. Sayang, Elsa tak mampu berargumentasi di hadapan saya. Argumentasimu macet !”

Baru Elsa bicara.

~ “Elsa memang benci. Tetapi tak dapat mengatakan mengapa benci. Elsa kagum, Bapak betul-betul prima dalam mengajar. Benar kalau demikian kata kakak-kakak angkatan terdahulu. Jelas, dan mampu memberikan motivasi agar anak-anak mencintai bahasa Indonesia.”

~ “Jadi …?”

~ “Saya benci ! Tidak tahu mengapanya. Bapak aktif. Bapak kreatif. Bapak penuh perhatian.”

~ “Loo..”

~ “Saya benci. Itu saja yang dapat Elsa katakan.”

Bel masuk berbunyi.

Gemuruh dalam dada Tris reda. Hatinya tidak panas lagi. Tetapi penuh tanda tanya. Siapa yang dihadapinya ini ? Bertanya terus dalam hati.

….

~ ”Pelajaran apa Elsa sekarang ?”

~ ”Geografi.”

~ ”Mintalah ijin ! Kalau dapat, kita bicara secara tuntas. Konsultasi ini akan berguna bagimu.”

Elsa berdiri. Lalu mencari guru geografi.
Minta ijin.
Tidak dapat karena ada ulangan.
Datang lagi pada Tris.

~ ”Ada ulangan Pak.”

~ ”Masuklah. kali lain, saya akan memanggil. Saya ingin tahu mengapa Elsa bersikap begitu kepada saya.”

Elsa meninggalkan Tris yang duduk terpaku. Setelah keluar dari ruang guru barulah Tris menghembuskan nafas keras-keras. Bu Wien yang duduk sebagai tetangga dekatnya dengan ingin tahu menegur.

~ ”Ada apa Pak Tris ?”

~ ”Apa Bu ?”

~ ”Elsa tadi, ada apa ?”

~ ”Ibu ingin tahu ?”, Tris sengaja mengeraskan bicaranya. Bu Rismauli Gultom ikut mendengarkan., ”Ia datang. Saya suruh duduk. Saya tanya… Diam saja., Saya tanya… Diam saja.”, Bu Wien kian tertarik. Begitu juga dengan Bu Rismauli., ”Tiba-tiba ia bicara, Saya benci Bapak !”

Bu Wien kaget.

~ ”Lo.. koq begitu ?” Bu Rismauli masuk arena.

~ ”Dia memang begitu. Keras orangnya. Berani amat pada Pak Tris. Terus dia bilang apa lagi ?”

~ ”Hanya menggeleng ketika saya tanya mengapa benci. Nasib ! Mimpi apa saya semalam. Ih ada PR lagi ! Tetapi biarlah. Saya makin yakin, tidak semua orang senang kepada kita walaupun kita sudah berusaha tampil dengan baik.”

Bu Wien dan BU Rismauli beriringan menuju ke kelas. Masih berkomentar.

~ ”Keterlaluan anak itu.”

Tris masih duduk. Dua jam kosong hari ini. Koreksi ulangan anak-anak XII. Konsentrasinya buyar. Digeletakkannya boxinya dengan kesal dan bergumam ”Gila anak ini !”. Menyandar dengan kaki selonjor. Kepalanya dibantalkan kedua telapak tangannya yang bertaut di belakang.

Pulang sekolah Tris masih diuber-uber Elsa dalam kepalanya.

Juga malamnya.

Juga esoknya.

”Gila !”

 

 

Berlanjut …

 

Filed under: Bahasa, Cerpen, Curhat, , , , , , , , , , , , , , ,

9 Responses

  1. Kang Nur mengatakan:

    wah.. cenya95 menampilkan gaya baru lagii.. mengangkat tema tertentu dg cara berkisah..🙂

  2. itempoeti mengatakan:

    ijinkan untuk komen diakhir cerita…

  3. ~noe~ mengatakan:

    “Saya mengenal Elsa. Saya kagum. Elsa mampu berbahasa Indonesia dengan prima. Sayang, Elsa tak mampu berargumentasi di hadapan saya. Argumentasimu macet !”
    >>> ciri khas bangsa kita. termasuk aku. seperti halnya elsa, nilai bahasaku bagus, namun tidak mampu berargumentasi…

  4. cenya95 mengatakan:

    @bluethunderheart: love u 2.. #?!*#… akhir pekan yang melelahkan, Blue.
    @ronggo: Okey… pasti dilibatkan semua dalam kegiatan di sekolah.
    @chrysanti: He..eh… kasihan ya… harusnya belajar kata-kata sayang.
    @wahyu ¢ wasaka: Siapa lagi kalo bukan Pak dan Bu guru yang mengajar.

  5. wahyu ¢ wasaka mengatakan:

    Siapa yang ngajarin tuh…

  6. chrysanti mengatakan:

    duh.. dari kecil udah belajar kata-kata benci.. kasian..

  7. ronggo mengatakan:

    buat bu guru nya mana brooo masak bapak aja ibu nya nanti cemburu minggu depan buat bu guruya
    skalian tukng kebun ma ka TU

  8. bluethunderheart mengatakan:

    blue mau dong dikejar kejar sama abang hhee………..salah! sama elsabut elsa mayora kan, bang.@$$#$#%
    blue tuh senangbanget selaluwith persahabatan yang abang tawarkan lewat comand serta semangatin blue………..love U………wadau$$$#%$#%#%

    gimana akhir pekannya ?
    salam hangat selalu

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan dan menerima pemberitahuan tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 1.043 pengikut lainnya

Halaman

Award

Dunia Nyata :

1. The Best Blog pada Lomba Blog Badiklat Dephan.

2. Juara Harapan Lomba WebBlog Korpri Dephan.

3. Winner Lucky Votter at 2nd IBSN Blog Award

Dunia Maya :

1. Award Nyante Aza Lae from Sarah

2. Award Gokilzz from Sarah

3. Award Oscar from Sarah

4. Special Award Special Day from Mahendra and from Aling

5. Friendly blogger award 2009 from Ofa Ragil Boy

6. Your blog is Fabulous from Newbiedika

7. Bertuah Award 2009 from Newbiedika and from wahyu ¢ wasaka

8. Kindly Blogger 2009 from Newbiedika

9. Smart Blogger from Newbiedika

10. Super Follower Award from Newbiedika

11. Your BLOG makes us SMILE from Newbiedika

12. Friendship Emblem from Newbiedika

13. Tutorit Friendship from Mahendra

14. Special Award Special 4U from Siti Fatimah Ahmad

15. Pasopati Award from Ali Haji, from newbiedika-fly, and from diazhandsome

16. Award Mawar Merah from OLVY

17. Bintang Wiki Wikipedia from Aldo Samulo

18. Award Perkasa - kau adalah yang terbaik from Siti Fatimah Ahmad

19. Award Truly Blogger from Pelangiituaku

20. Stylish Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad

21. Beginner Experienced Editor Wikipedia from Wagino & Mikhailov Kusserow

22. Very Inspiring Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad.

23. Liebster Award from Siti Fatimah Ahmad.

enjoy-jakarta

logo-ibsn-11

hiblogikoh

%d blogger menyukai ini: