FAITES COMME CHEZ VOUS

Beramal dengan ilmu dan pengalaman mulai dari rencana, organisasi, kontrol sampai evaluasi. Diharapkan dapat mencerdaskan bangsa demi negara tercinta, NKRI. Semoga bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Sajak Pendek untuk Pak Guru #6

Ringkasan Cerita #5

Pementasan kreasi seni itu memang dapat diselenggarakan dengan baik meskipun sound system tidak mendukung. Hari-hari terus berlari. Semua menggelinding menuju arah sesuai dengan fungsinya masing-masing. Tris sibuk dengan tugas-tugas keguruannya. Anak-anak sibuk dengan tugas-tugas menjelang semester genap, juga Elsa. Saat pembagian rapor. Elsa sudah nyelonong ke ruang guru langsung ke meja Tris yang baru saja selesai membagikan rapor di kelasnya. Tris meminta Elsa untuk menulis apa saja sesuai yang dirasakannya selama liburan.

Liburan semester telah habis. Hari pertama mengajar di semester genap terasa lain bagi Tris. Masih ada beberapa guru yang tidak hadir. Kegiatan belajar mengajar belum berjalan dengan mulus. Saat-saat sepi.

Tris sudah biasa menghadapi hal yang seperi ini. Jalan terus. Datang ke kelas.Kontrol kesiapan kelas. Absen. Siap. Mulai. Dua jam pelajaran penuh. Gairah anak-anak tetap hidup. Ini berkat penampilan Tris yang memang tetap tidak berubah. Tetap hidup. Tetap bersemangat. Mengimbas kepada anak-anak.

Sebelum ke kantor saat istirahat Elsa nyelonong dulu ke kelas XII ipa 2. Didatanginya anak laki-laki Tris yang ada di kelas itu, Aditia.

~ ”He, Aditia ! Kapan sih bapakmu sakit ? Baru masuk begini sudah mengajar total begitu ?” Aditia tidak meladeni menghadapi sikap Elsa yang menantang seperti itu. Ia kenal betul anak cantik yang centil ini. Dibiarkannya saja anak putih dengan jerawat yang berkerumun nakal di kedua pipinya itu. ”Kok diam saja. Bapakmu kan baru pulang dari gunung. Nggak capek-capeknya.” Melihat Aditia ’diomeli’ begitu Liliana geregetan.

~ ”Kalau mau ke Senen langsung saja. Mengapa mesti ke Kebayoran dulu. Diam Aditia ! Jangan diladeni. Biarkan saja. Kalau berani biar saja langsung ke … ”

~ ”Senen !” Aditia meneruskan tanpa menengok. Menulis terus catatan matematika yang belum selesai di salin dari papan tulis.
Mendengar Liliana ikut campur, Elsa mendatanginya, langsung mencubit pipinya.

~ ”Diam kau ! Mau ikut campur saja.” Liliana mengaduh.

~ ”Aduh ! Sakit Elsa. Gila anak ini !”

Berdiri, akan dilawannya anak ini. Elsa sudah lari keluar sambil teriak

~ ”Kutunggu di kantin !”

Liliana kembali duduk sambil meraba-raba pipinya. Benar-benar sakit cubitan Elsa kali ini. Diteruskanna menyelesaikan catatan matematikanya yang tinggal sebaris lagi. Sudah itu barulah ia lari ke kantin sekolah menyimpan buku catatannya.

Bel masuk telah berbunyi. Istirahat habis. Sebelum masuk ke kelas, Elsa mendatangi Tris yang sedang siap-siap untuk masuk ke kelas XII ipa 1. Masih dua jam lagi a mengajar hari ini. Elsa meletakkan amplop di mejanya.

~ ”Apa itu ?”

~ ”Katanya suruh menulis.”

~ ”O”

~ ”Baca ya.”

~ ”Ya, nanti.” Tris mengambil amplop itu. Memasukkannya ke laci.

Elsa mampir ke meja Pak Margono. Guru itu masih tenang-tenang menikmati rokoknya. Elsa menyergahnya.

~ ”Bapak di kelas saya sekarang.”

~ ”Iya.Masuk sana !”

~ ” Ayo dong”

~ ”Iya, sana. Nanti saya masuk.”

Elsa lari meninggalkan ruang guru,seperti burung prenjak. Tak bisa diam, menuju ke kelasnya.

Selesai mengajar Tris merapikan buku-buku dan kertas-kertas lepas, lalu meletakkannya dengan rapi di meja kecil, belakang kursi kerjanya. Beberapa map dimasukkannya ke dalam laci meja kerjanya. Berbnar matanya memandangi amplop yang ada di dalam laci itu. Dengan hati berdetak diambilnya amplop itu. Dibukanya pelan-pelan. Ingin sekali ia tahu apa yang ditulis Elsa. Apa yang ditulis ? Adakah sesuatu yang dapat dijadikan bahan agar kian tepat ia menentukan terapi yang tepat untuk anak cantik yang suka meledak-ledak ini ?

Bergetar tangannya. Matanya nanar memandangi tulisan Elsa yang bagus dan rapi. Berdenyut-denyut kepalanya membaca tulisan sepanjang satu halaman buku tulis itu. Singkat. Dalam bentuk puisi.Lalu bom itu meledak di dadanya, di perutnya, di hatinya, di ginjalnya, di otaknya. Gila !

Dilipatnya kertas itu. Matanya terpejam. Mengendalikan diri. Diraihnya gelas teh. Minum. Tak juga reda denyutan kepalanya. benar-benar saraf anak ini. Anak setan ! Rusak seluruh rencananya. Rusak seluruh strateginya. Buat apa lagi berpanjang cerita ? Sampai di sini saja. Titik. Persetan mau jadi apa dia kelak. Persetan dengan pribadinya, dengan emosinya, dengan dirinya, dengan … setan !
beberapa guru menyalami, pulang duluan. Setengah sadar dianggukkan kepalanya, sementara hatinya terasa disabit-sabit oleh anak cantik setan yang sedang diterapinya.

Beberapa anak OSIS datang memberikan laporan untuk di Acc. Disuruhnya meletakkan saja di meja dan meninggalkannya. Pikirannya sedang morat-marit. Ketika anak itu bengong sambil menunggu, baru ia sadar bahwa Acc itu diperlukan untuk konsep proyek proposal bakti sosial yang akan diselenggarakan sebulan lagi. Sangat mendesak. Diraihnya map itu, dibacanya, di Acc. Anak-anak itu pergi dengan perasaan lega, dan aneh. Tidak biasanya, tanpa koreksi, tanpa pertanyaan, tanpa coretan ubahan. Tangan Tris telah bergerak di luar kontrolnya. Tersenyum ia pada anak-anak yang pamit.

~ ”Akan kami laksanakan dengan sebaik-baiknya Pak. Mudah-mudahan sukses.”

Ingin sebenarnya anak-anak itu bicara panjang-panjang, seperti biasanya, setiapmenghadap pembina OSIS yang dirasanya sangat tanggap dan akrab itu. Tetapi dibuangnya keinginan itu setelah melihat Pak Tris yang ’tidak memungkinkan’ itu.

Tris masih duduk tercenung. Rasa panas hatinya tetap menyayat-nyayat. Penasaran ia, dibukanya lagi kertas itu. Dibacanya, diejanya satu persatu. Direnunginya, dicobanya mencari dengan tenang apa yang tersirat di balik tulisan itu. Di balik sajak itu !

Berlanjut …

Filed under: Bahasa, Cerpen, Curhat, , , , , , , , , , , , , ,

8 Responses

  1. Rivanlee mengatakan:

    yang titik” dibawah suruh dioisi om?? hehe

  2. […] Sajak Pendek untuk Pak Guru #7 Ringkasan Cerita #6 […]

  3. KangBoed mengatakan:

    Sajalnya panjang yaaaaaa
    Salam Sayang

  4. javanese mengatakan:

    nama saya tidak ada dalam cerita….
    mau dooong..

  5. bluethunderheart mengatakan:

    pagi bang
    blue selalu senang saat abang datang dengan terusan ceritanya
    makasih ya
    salam hangat selalu
    pa cabar?

  6. adiitya mengatakan:

    Aduuh pak..saya jadi ikut penasaran apa isi tulisan Elsa.. He he btw nama saya ikutan nampang di cerita ini hahahaha Narsis mode On
    Sukses terus pak saya tunggu kelanjutannya

  7. Siti Fatimah Ahmad mengatakan:

    Salam. Mampir sebentar menjenguk sahabat yang lama tidak dikunjungi. Masih sibuk dengan tugasan yang belum siap. Kisah di atas sungguh menarik sekali. tentu…menjadi guru bukan mudah. Emosi selalu ternganggu dek karenah anak murid dan rakan sekerja. yang penting semangat dan minat. Dua hal yang membawa guru berhasil membentuk kemenjadian muridnya. Salam mesra selalu.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan dan menerima pemberitahuan tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 1.043 pengikut lainnya

Halaman

Award

Dunia Nyata :

1. The Best Blog pada Lomba Blog Badiklat Dephan.

2. Juara Harapan Lomba WebBlog Korpri Dephan.

3. Winner Lucky Votter at 2nd IBSN Blog Award

Dunia Maya :

1. Award Nyante Aza Lae from Sarah

2. Award Gokilzz from Sarah

3. Award Oscar from Sarah

4. Special Award Special Day from Mahendra and from Aling

5. Friendly blogger award 2009 from Ofa Ragil Boy

6. Your blog is Fabulous from Newbiedika

7. Bertuah Award 2009 from Newbiedika and from wahyu ¢ wasaka

8. Kindly Blogger 2009 from Newbiedika

9. Smart Blogger from Newbiedika

10. Super Follower Award from Newbiedika

11. Your BLOG makes us SMILE from Newbiedika

12. Friendship Emblem from Newbiedika

13. Tutorit Friendship from Mahendra

14. Special Award Special 4U from Siti Fatimah Ahmad

15. Pasopati Award from Ali Haji, from newbiedika-fly, and from diazhandsome

16. Award Mawar Merah from OLVY

17. Bintang Wiki Wikipedia from Aldo Samulo

18. Award Perkasa - kau adalah yang terbaik from Siti Fatimah Ahmad

19. Award Truly Blogger from Pelangiituaku

20. Stylish Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad

21. Beginner Experienced Editor Wikipedia from Wagino & Mikhailov Kusserow

22. Very Inspiring Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad.

23. Liebster Award from Siti Fatimah Ahmad.

enjoy-jakarta

logo-ibsn-11

hiblogikoh

%d blogger menyukai ini: