FAITES COMME CHEZ VOUS

Beramal dengan ilmu dan pengalaman mulai dari rencana, organisasi, kontrol sampai evaluasi. Diharapkan dapat mencerdaskan bangsa demi negara tercinta, NKRI. Semoga bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

UU No. 20/1982 Vs UU No 3/2002

Gambar Perbandingan Undang-Undang No. 20 Tahun 1982 dan Undang-Undang No. 3 Tahun 2002. Bagan hasil olahan dari Beni Sukadis & Eric Hendra. “Dinamika Hubungan Sipil-Militer dan Pertahanan Semesta” dan Kusnanto Anggoro. “Menguraikan Pertahanan: Struktur Teritorial, Demokrasi dan Pertahanan Non Militer” dalam buku naskah Sishanneg, Ditjen Pothan Dephan R.I  hlm. xii dan 14. sebagai berikut :

  UU No. 20 / 1982 UU No. 3 / 2002
Aktor Utama TNI TNI & Lembaga Pemerintah lainnya
Pelibatan Masyarakat Ratih, Linmas, Tanpa legalitas atau Undang-Undang, namun dilibatkan secara sistematis (contoh: milisi di Timtim) Komcad, Komduk gunakan Undang-Undang (RUU Komponen Cadangan, RUU Komponen Pendukung)
Ruang Lingkup Pertahanan dan Keamanan Negara Pertahanan Militer dan Nir militer
Kontrol Sipil Hampir tidak ada Ada
Sumber Ancaman Utama Internal dan Eksternal Internal dan Transnasional
Konteks Politik Dominasi militer dalam pembentukan mekanisme pengambilan kebijakan; militer sebagai agen negara otoriter; kelahiran doktrin politik militer (CADEK, 1988); militerisasi kementrian pertahanan Reformasi, perubahan hubungan sipil-militer dalam konteks pertahanan negara; diluar konteks keamanan negara; hilangnya fungsi sosial politik TNI.
Status Doktrin Nasional (Undang-Undang Nomor 20 Tahun 1982) Doktrin pertahanan negara melawan semua spektrum ancaman
Strategi Operasional Dominan Strategi non-militer (baik itu dalam konteks pertahanan berlapis maupun pertahanan pulau besar); dominasi operasi intelijen dan fungsi teritorial Pertahanan eksternal dan keamanan internal (operasi militer selain perang); kemunculan doktrin angkatan (untuk diintegrasikan kedalam doktrin militer dan strategi pertahanan)

 


Filed under: Article, Indonésie, Pertahanan, , , , , , , , , ,

23 Responses

  1. kidungjingga mengatakan:

    hmmm… ditabelkan begitu jadi mudah ya membandingkannya..

  2. Kuliah Gratis mengatakan:

    Ulasan yang mantab…………

  3. muhamaze mengatakan:

    yang penting pertahanan diri hehe..

  4. alamendah mengatakan:

    Salam kenal,
    Ternyata banyak perubahannya, ya?

  5. soulharmony mengatakan:

    kalo masalah perang ada perbedaan ga antara sipil dan militer ?

    • cenya95 mengatakan:

      Sipil dan militer pasti berbeda perlakuannya pada saat perang. Tapi sipil yang dijadikan sebagai komponen cadangan, pada kondisi perang, akan menjadi kombatan seperti militer dan mendapat pelakuan sama.

  6. achoey mengatakan:

    sahabat
    sudah kutautkan blogmu🙂

  7. kawanlama95 mengatakan:

    cakupan nya lebih luas dan didukung oleh lembaga lain . Produk uu terbaru di buat berdasarkan kebutuhan yang mendesak sehinga pola yang penerapannya lebih mendasar lagi

  8. zoel mengatakan:

    g’ ngerti ah yang beginian..😀

  9. kezedot mengatakan:

    alam bang
    pa cabar?
    salam hangat dalam 2 musimnya blue

  10. AeArc mengatakan:

    wkwk pake aktor utama segala’ kayak main pelem aja..

  11. bluethunderheart mengatakan:

    sore………….
    wah senang dech blue bisa tahu about UU dari postingan abang………..ingat mas sekolah dech jadinya
    salam hangat selalu

  12. mel mengatakan:

    cenya sombong ya sekarang…udh ga mau maen ke aq lagi…..

  13. Iklan Baris mengatakan:

    Aduh… saya kurang ngerti ama yang begituan? malah jadi bingung!
    mungkin kurang berbakat kali ya di bidang yang kaya begituan?
    ya yang penting bagi saya yang bagus aja dech, yang terbaik bagi kita semua!
    Stop Dreaming Start Action

  14. achoey mengatakan:

    Bener2 mengamati dengan seksama kebijakan di negeri ini ya
    terutama dalah hal intelejen, dan pertahanan negara
    salut🙂

  15. komuter mengatakan:

    berkunjung,
    salam manies….

  16. kidungjingga mengatakan:

    wadooww.. banyak artikel UU niiyyy…
    siiip deehh…

  17. travel insurance mengatakan:

    maksud transnasional itu apa sama dngan internasional ya

  18. humor lucu mengatakan:

    kira-kira bagusan yang mana tuh mas?

  19. travel insurance mengatakan:

    g begitu ngerti ttg UU

  20. Didien® mengatakan:

    Pertamaxxx…:mrgreen:
    waaahhhh ttg UUD ya mas okta? rada hank neh kalo masalah UUD hehe..

    salam,

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan dan menerima pemberitahuan tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 1.043 pengikut lainnya

Halaman

Award

Dunia Nyata :

1. The Best Blog pada Lomba Blog Badiklat Dephan.

2. Juara Harapan Lomba WebBlog Korpri Dephan.

3. Winner Lucky Votter at 2nd IBSN Blog Award

Dunia Maya :

1. Award Nyante Aza Lae from Sarah

2. Award Gokilzz from Sarah

3. Award Oscar from Sarah

4. Special Award Special Day from Mahendra and from Aling

5. Friendly blogger award 2009 from Ofa Ragil Boy

6. Your blog is Fabulous from Newbiedika

7. Bertuah Award 2009 from Newbiedika and from wahyu ¢ wasaka

8. Kindly Blogger 2009 from Newbiedika

9. Smart Blogger from Newbiedika

10. Super Follower Award from Newbiedika

11. Your BLOG makes us SMILE from Newbiedika

12. Friendship Emblem from Newbiedika

13. Tutorit Friendship from Mahendra

14. Special Award Special 4U from Siti Fatimah Ahmad

15. Pasopati Award from Ali Haji, from newbiedika-fly, and from diazhandsome

16. Award Mawar Merah from OLVY

17. Bintang Wiki Wikipedia from Aldo Samulo

18. Award Perkasa - kau adalah yang terbaik from Siti Fatimah Ahmad

19. Award Truly Blogger from Pelangiituaku

20. Stylish Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad

21. Beginner Experienced Editor Wikipedia from Wagino & Mikhailov Kusserow

22. Very Inspiring Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad.

23. Liebster Award from Siti Fatimah Ahmad.

enjoy-jakarta

logo-ibsn-11

hiblogikoh

%d blogger menyukai ini: