FAITES COMME CHEZ VOUS

Beramal dengan ilmu dan pengalaman mulai dari rencana, organisasi, kontrol sampai evaluasi. Diharapkan dapat mencerdaskan bangsa demi negara tercinta, NKRI. Semoga bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Sekilas Berita tentang Nuklir di Dunia

Test… Test… Test…:mrgreen:

Pertama, berita tentang persiapan India melakukan uji coba kapal selam nuklir pertama mereka. Lengkaplah India mempunyai roket dan kemampuan untuk melontarkan bom nuklir sebagai senjata penggentar lawan agar jangan coba-coba main-main dengan nya.

Kedua, berita tentang Mitsubishi Heavy Industry mendapatkan MoU untuk membangun 2 (dua) unit PLTN di Amerika Serikat. PLTN tersebut berjenis APWR (Advanced Pressurized Water Reactor) yang dikembangkan desainnya oleh Amerika/Westinghouse namun Mitsubishi ditunjuk untuk membangunnya sebagai perusahaan yang masih punya manpower.

Amerika Serikat terakhir membangun PLTN pada tahun 70an. Namun negara yang berpengalaman membangun PLTN adalah Jepang, Korea Selatan, Rusia, Cina, India , Areva (Prancis dan Jerman) serta Canada dengan teknologi air beratnya, PLTN jenis CANDU. Argentina membangun reaktor riset untuk Australia, sedang mempromosikan PLTN unit kecil jenis PWR bernama CAREM. Disaat tender reaktor riset Australia, Indonesia pun mau ikut tender bersama Argentina, karena Indonesia sudah punya desain RPI 10 MW termal. Sementara itu Malaysia sedang mengincar untuk membuat PLTN demo buatan Korea Selatan, teknologi PLTN jenis PWR dan diberi nama SMART reactor.

Perusahaan Jerman sedang menjajagi untuk mendapat kontrak membangun menara pendingin PLTN di perbatasan Rusia-Jerman, suatu PLTN tertua di Novovoronezh, Rusia yang beroperasi sejak 52 tahun lalu.

Begitu pula tanggal 19 Juli 2009, peletakkan batu pertama pembangunan PLTN, jenis VVER-1000, PLTN desain Rusia jenis PWR yang telah dipertinggi standar keselamatannya dan juga dibangun di Novovoronezh, Rusia,

Pada buku “The Ice Diaries”, kapal selam nuklir pertama di dunia, “Nautilus” yang pertama mengarungi Kutub Utara, menyelam dibawah es yang tebal. Suatu kisah yang unik, karena Amerika Serikat kalah dalam kompetisi di luar angkasa dengan diluncurkannya satelit Sputnik di tahun 1957. Amerika mencoba kompensasi kekalahannya dengan menyelam di bawah kutub utara agar dapat memotong jalur dari Pacific ke Atlantik dalam waktu yang singkat, pada tahun 1958.
Dengan ditemukannya kapal selam nuklir maka kemampuan menyelam kapal jadi tak terbatas. Dan karena listrik dari PLTN unit kecilnya, sekitar 35 MWe, bisa untuk menggerakkan propulsi kapal, membuat air tawar dari air laut/desalinasi, dan juga mendapat Oksigen segar dari air, menggunakan elektrolisa.

PLTN untuk kapal selam diisi bahan bakar setiap 15 hingga 20 tahun. Begitu pula hal yang sama bagi kapal induk nuklir dengan 2 unit PLTN-nya. Masalahnya tinggal bagaimana siapkan makanan bagi awak kapalnya, untuk bisa menyelam berbulan-bulan di bawah air.

Hebatnya PLTN yang digunakan di kapal selam adalah PLTN-nya tetap beroperasi normal meskipun kapalnya terbalik 180 derajat.
Suatu teknologi yang menarik. Indonesia pernah punya rencana untuk gunakan PLTN unit ini, untuk daerah terpencil. Saat itu Rusia sedang mempensiunkan ratusan kapal selam nuklirnya. Kapal selam Diesel dan baterei menggunakan Diesel,sehingga perlu udara dan sekaligus juga menghasilkan CO2.

Ketiga, berita tentang Iran dan Korea Utara tetap menjadi bahan diskusi di IAEA dan dunia. Dan perlu dikonfirmasikan ada usul dari negara Singapore dan Australia di IAEA, agar untuk membangun PLTN perlu izin dari negara tetangga. Jadi kalau Indonesia mau membangun PLTN harus ada izin dari negara tetangga.

Keempat, berita tentang pengurangan senjata balistik antara Rusia dan Amerika Serikat, dibahas oleh Presiden Obama dalam kunjungan kerjanya ke Rusia.

Demikian sekilas berita tentang nuklir di dunia.

Dikirim melalui e-mail ku.

sumber : dayatek@yahoo.com

Filed under: Jurnal, Pertahanan, , , , , , , , , ,

30 Responses

  1. Rama mengatakan:

    tapi klo bicara tentang nuklir itu sangat ngeri, takut ahh..

  2. gonuklir mengatakan:

    indonesia sendiri sudah sangat siap membangun fasilitas nuklir.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan dan menerima pemberitahuan tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 1.043 pengikut lainnya

Halaman

Award

Dunia Nyata :

1. The Best Blog pada Lomba Blog Badiklat Dephan.

2. Juara Harapan Lomba WebBlog Korpri Dephan.

3. Winner Lucky Votter at 2nd IBSN Blog Award

Dunia Maya :

1. Award Nyante Aza Lae from Sarah

2. Award Gokilzz from Sarah

3. Award Oscar from Sarah

4. Special Award Special Day from Mahendra and from Aling

5. Friendly blogger award 2009 from Ofa Ragil Boy

6. Your blog is Fabulous from Newbiedika

7. Bertuah Award 2009 from Newbiedika and from wahyu ¢ wasaka

8. Kindly Blogger 2009 from Newbiedika

9. Smart Blogger from Newbiedika

10. Super Follower Award from Newbiedika

11. Your BLOG makes us SMILE from Newbiedika

12. Friendship Emblem from Newbiedika

13. Tutorit Friendship from Mahendra

14. Special Award Special 4U from Siti Fatimah Ahmad

15. Pasopati Award from Ali Haji, from newbiedika-fly, and from diazhandsome

16. Award Mawar Merah from OLVY

17. Bintang Wiki Wikipedia from Aldo Samulo

18. Award Perkasa - kau adalah yang terbaik from Siti Fatimah Ahmad

19. Award Truly Blogger from Pelangiituaku

20. Stylish Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad

21. Beginner Experienced Editor Wikipedia from Wagino & Mikhailov Kusserow

22. Very Inspiring Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad.

23. Liebster Award from Siti Fatimah Ahmad.

enjoy-jakarta

logo-ibsn-11

hiblogikoh

%d blogger menyukai ini: