FAITES COMME CHEZ VOUS

Beramal dengan ilmu dan pengalaman mulai dari rencana, organisasi, kontrol sampai evaluasi. Diharapkan dapat mencerdaskan bangsa demi negara tercinta, NKRI. Semoga bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Proses Penulisan

Dari kegelisahaan seorang Kawanlama95, atau mungkin juga pernah terjadi pada kalian semua, sebagai berikut :

Pak nulis ternyata susah ya. Banyak yang akan ditulis namun teknik penulisaannya, saya masih terhambat. Jadi pesan yang aku inginkan khawatir bias dan tidak mencapai tujuan. Bisa bantu saya dalam menulis.

maka Cenya95 memberikan pencerahan secara teoritis dahulu, terutama manfaat dari kegiatan menulis dan tahapan membuat sebuah tulisan. Sebenarnya ilmunya sudah kita pelajari sejak di SD sampai Universitas, namun tak ada salahnya untuk mengingat kembali proses penulisan.

Kegiatan menulis menguras banyak tenaga, meminta waktu, serta perhatian. Potensi diri dan kemampuan kita, dapat dikenali melalui kegiatan ini, terutama pengetahuan tentang suatu topik. Berapa jauh sih pengetahuan kita tentang topik tersebut. Untuk mengembangkannya, kita terpaksa berpikir, menggali pengetahuan dan pengalaman yang kadang tersimpan di bawah alam sadar.

Kegiatan menulis pun dapat mengembangkan gagasan kita dan memaksa kita bernalar (memperluas wawasan secara teoritis); menghubung-hubungkan serta membandingkan fakta-fakta yang tidak pernah dilakukan jika kita tidak menulis. Bahkan kegiatan ini memaksa kita lebih banyak menyerap, mencari, serta menguasai informasi sesuai dengan topik yang kita tulis.

Kegiatan menulis merupakan kegiatan mengorganisasikan gagasan secara sistematik serta mengungkapkannya secara tersurat. Kegiatan ini membantu kita untuk menjelaskan permasalahan yang semula menjadi samar bagi diri sendiri, dan dapat membantu kita dalam meninjau serta menilai gagasan kita sendiri secara lebih objektif.

Kegiatan menulis juga untuk memecahkan permasalahan, dengan menganalisnya secara tersurat, dalam konteks yang lebih kongkret. Kegiatan menulis dapat mendorong kita untuk belajar secara aktif, sebagai penemu sekaligus pemecah masalah, bukan sekedar menjadi penyadap informasi dari orang lain. Kegiatan menulis yang terencana akan membiasakan kita berpikir serta berbahasa secara tertib.

Untuk menulis sebuah karangan sederhana pun, secara teknis dituntut untuk memenuhi persyaratan dasar, seperti menulis karangan yang rumit, yaitu harus memilih topik, membatasinya, mengembangkan gagasan, menyajikannya dalam kalimat dan paragraf yang tersusun secara logis, dan sebagainya.

Kegiatan menulis adalah suatu proses, yaitu proses penulisan. Ada tiga tahap yang harus dilakukan pada kegiatan menulis, yaitu tahap prapenulisan, tahap penulisan, dan tahap revisi. Ketiga tahap ini memiliki kegiatan utama yang berbeda, namun dalam prakteknya tidak dapat dipisahkan secara jelas, melainkan sering bertumpang tindih. Pada saat membuat Rencana, mungkin kita sudah mulai menulis, Sedangkan waktu menulis, mungkin kita juga sudah melakukan revisi. Biasanya terjadi jika tulisan tersebut berupa karangan pendek berdasarkan suatu yang telah diketahui.

Pada Tahap Prapenulisan, ditentukan lah hal-hal pokok yang akan mengarahkan penulis. Langkah-langkahnya yaitu menentukan topik, kemudian membuat batasan tentang topik tersebut. Membatasi topik berarti mempersempit dan memperkhusus lingkup pembicaraan, bahkan kita telah menentukan tujuan penulisan. Untuk mempermudah proses pembatasan topik, kita dapat menggunakan gambar, bagan, diagram, atau cara visual lainnya.

Langkah berikutnya adalah menentukan materi penulisan (semua informasi dan data yang dipergunakan untuk mencapai tujuan penulisan.), macamnya, luasnya, dan darimana diperolehnya. Selanjutnya adalah menyusun kerangka (rancang bangun) karangan, berarti memecahkan topik menjadi sub-subtopik. Kerangka ini dapat berbentuk kerangka topik atau kerangka kalimat. Pada taraf pengembangan karangan, kerangka kalimat lebih mengarahkan penulisan dari pada kerangka topik. Kerangka ini disusun secara logis, sistematik, dan konsisten. Jangan lupa mengecek ulang persiapan yang telah dibuat dengan pertanyaan-pertanyaan mengenai kelengkapan kerangka, kelogisan kerangka, dan sebagainya.

Pada Tahap Penulisan, setiap subtopik pada kerangka tulisan dibahas. Pembahasan itu merupakan isi karangan. Artinya, kita harus mengembangkan gagasan menjadi karangan yang utuh dan harus menguasai kata-kata yang akan mendukung gagasan tersebut. Pilihan kata dan istilah yang tepat akan memudahkan pembaca memahami tulisan tersebut secara tepat pula.

Pada Tahap Revisi, draft tulisan harus dibaca kembali agar dapat diperbaiki, dikurangi atau diperluas, jika perlu. Meskipun kegiatan ini sudah dilakukan saat penulisan, kita tetap saja harus melakukannya secara menyeluruh sebelum menjadi naskah, terutama logika, sistematika, ejaan, tanda baca, pilihan kata, kalimat, paragraf, dan sebagainya. Jika tidak ada lagi perbaikan, selesailah sudah tulisan kita.

Menulislah sebuah feature sebagai permulaan.

Filed under: Bahasa, IBSN, , , , , , , , , , , , , , ,

19 Responses

  1. afey mengatakan:

    terimaksih mass atas ilmunya… saya jadi bisa ngerjain bahasa indonesia nih…..

  2. romailprincipe mengatakan:

    menulis, yang sekitar-sekitar aja gimana?
    lebih mengalir..
    tapi kalau punya waktu, setuju juga ada kerangka, diperdalam, dreft lalu jadi tulisan..

    Cenya95,logonya ganti ya?

  3. […] dalam sebuah penulisan sering sulit ditentukan. Bila SUBYEK dalam cerita ini memberikan pujian, mungkin penulis itu […]

  4. Sari Ajah mengatakan:

    sekarang saya lagi susah nulis..
    *nulis tugas akhir😥

  5. karthik mengatakan:

    hey dude ur blog is nice… i ve added it to my blogroll… kindly visit ma site and add it in ur blogroll…

  6. Ritasusanti mengatakan:

    boleh aku link ya mas, biar mudah dapat pencerahan tentang dunia kepenulisan nih…:)

    Terima kasih, salam hangat persahabatan!

  7. Ritasusanti mengatakan:

    Wah terima kasih pak guru, teori2 nya, jadi ingat zaman ESDE dulu, pelajaran mengarang he he…:)

    Sepakat, sebuah tulisan yg sudah jadi draft memang harus dibaca lagi berulang kali, karena semakin sering kita ulang membacanya, maka insyaAllah akan semakin banyak koreksian, dan tentunya menjadikan tulisan kita semakin berkualitas.

    Ohya terima kasih ya mas atas kunjungannya..btw angka 95 di belakang cenya tuh maksudnya angkatan masuk kuliah tahun 95 yah??

  8. goncecs mengatakan:

    nice info …. bos !!!

    keep posting !!!

  9. Hary4n4 mengatakan:

    Wah..jadi tambah ilmu nih… Makasih yaa… Oh Yaa..makasih juga udah mampir ke tempat saya… Salam hangat dan damai selalu…

  10. Siti Fatimah Ahmad mengatakan:

    Terima kasih atas pencerahan ilmu penulisannya.

  11. kawanlama95 mengatakan:

    Terima kasih pak .aku copy buat sering di baca. dalam minggu2 ini banyak yang lewat depan rumahku ya biasalah aparat tak beratribut aku perhatikan ada 2 orang yang aku tahu. aku tak gelisah namun tertawa saja dlm hati. Ya aku pikir mereka perhatian.

  12. Odol Gigi mengatakan:

    Sip bu guru.. Apalagi plajarannya?

  13. alamendah mengatakan:

    Menulis jadi sulit lantaran sejak SD yang diajarkan di sekolah adalh menulis apa yang ada di buku. Bukannya apa yang ada di pikiran dan hati

  14. alamendah mengatakan:

    nitip:
    ikutan vote di sini: Jadikan Pulau Komodo Sebagai 7 Keajaiban Dunia Jangan sampai kita kehilangan ‘Borobudur’ lagi! (he.. he..)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan dan menerima pemberitahuan tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 1.043 pengikut lainnya

Halaman

Award

Dunia Nyata :

1. The Best Blog pada Lomba Blog Badiklat Dephan.

2. Juara Harapan Lomba WebBlog Korpri Dephan.

3. Winner Lucky Votter at 2nd IBSN Blog Award

Dunia Maya :

1. Award Nyante Aza Lae from Sarah

2. Award Gokilzz from Sarah

3. Award Oscar from Sarah

4. Special Award Special Day from Mahendra and from Aling

5. Friendly blogger award 2009 from Ofa Ragil Boy

6. Your blog is Fabulous from Newbiedika

7. Bertuah Award 2009 from Newbiedika and from wahyu ¢ wasaka

8. Kindly Blogger 2009 from Newbiedika

9. Smart Blogger from Newbiedika

10. Super Follower Award from Newbiedika

11. Your BLOG makes us SMILE from Newbiedika

12. Friendship Emblem from Newbiedika

13. Tutorit Friendship from Mahendra

14. Special Award Special 4U from Siti Fatimah Ahmad

15. Pasopati Award from Ali Haji, from newbiedika-fly, and from diazhandsome

16. Award Mawar Merah from OLVY

17. Bintang Wiki Wikipedia from Aldo Samulo

18. Award Perkasa - kau adalah yang terbaik from Siti Fatimah Ahmad

19. Award Truly Blogger from Pelangiituaku

20. Stylish Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad

21. Beginner Experienced Editor Wikipedia from Wagino & Mikhailov Kusserow

22. Very Inspiring Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad.

23. Liebster Award from Siti Fatimah Ahmad.

enjoy-jakarta

logo-ibsn-11

hiblogikoh

%d blogger menyukai ini: