FAITES COMME CHEZ VOUS

Beramal dengan ilmu dan pengalaman mulai dari rencana, organisasi, kontrol sampai evaluasi. Diharapkan dapat mencerdaskan bangsa demi negara tercinta, NKRI. Semoga bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Kunci Belajar

Sekedar mengenang aktivitas-aktivitas yang terjadi di kelas, mulai dari ketenangan sampai keramaian. Bila diamati dengan seksama, banyak tingkah laku dan pola anak didik memeriahkan suasana kelas. Ini merupakan suatu aktivitas yang menjadi kontribusi setiap anak didik di kelas. Namun, saat pengajar/pelatih mengucapkan sebuah kalimat tanya. Apa yang terjadi ?

“Apa ada pertanyaan ?” sebuah kalimat yang sering dilontarkan oleh pengajar/pelatih. Dan akibatnya keheningan yang terjadi, tidak ada respon. Pengajar/pelatih mulai mengalami keraguan untuk menyimpulkan kemampuan kelas dalam menerima materi ajaran. Jika ini terjadi, apa yang akan dilakukan selanjutnya. Tentunya pengajar/pendidik mencari strategi yang jitu untuk memecahkan keheningan di kelas.

Memang, membangkitkan selera belajar anak didik tidak lah mudah karena semua tingkat pendidikan terkait dengan memperoleh pengetahuan (knowledge), keterampilan (skills), dan sikap (attitudes). Strategi pembelajaran yang menyenangkan akan memudahkan anak didik untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari. Strategi yang melibatkan aktivitas setiap anak didik sebagai kontribusi mereka di kelas akan meningkatkan kemampuan mengingat pembelajaran secara total di kelas.

Perlu diingat bahwa belajar bukanlah merupakan satu peristiwa pendek. Belajar terjadi secara bergelombang dan memerlukan beberapa ekspose materi untuk mencernanya dan memahaminya. Ini dibuktikan oleh Confucius dengan pernyataan :

  • What I hear, I forget (Apa yang kudengar, aku lupa);
  • What I see, I remember (Apa yang kulihat, Aku ingat); dan
  • What I do, I understand (Apa yang kulakukan, aku paham).

Memang belajar bukan merupakan konsekuensi otomatis dari penyampaian informasi kepada anak didik. Belajar membutuhkan keterlibatan mental dan tindakan dari anak didik itu sendiri. Keaktifan menjadi dasar bagi Mel Silberman untuk memodifikasi pernyataan di atas menjadi :

  • What I hear, I forget (Apa yang kudengar, aku lupa);
  • What I hear, see, and ask questions about or discuss with someone else, I begin to understand (Apa yang kudengar, ku lihat dan kutanyakan atau kudiskusikan dengan beberapa teman, aku mulai paham);
  • What I hear, see, discuss, and do, Iacquire knowledge and skill (Apa yang kudengar, ku lihat, kudiskusikan dankulakukan, aku memperoleh pengetahuan dan keterampilan); dan
  • What I teach to another, I master (Apa yang ku ajarkan kepada orang lain, aku menguasainya).

Pembelajaran sesuatu yang baru akan lebih efektif jika anak didik aktif. Caranya dengan menggunakan strategi sederhana yaitu merangsang anak didik untuk bertanya. Biasanya peserta didik tidak siap mengajukan pertanyaan-pertanyaan karena mereka tidak mempunyai kesempatan untuk memikirkan seluruh materi pelajaran.

Semua ini, tergantung sasaran yang akan dituju : Nilai atau Kualitas.

Semoga meningkat kualitas kemampuan anak didik di NKRI.

Filed under: Diklat, Evaluasi, Opini, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

30 Responses

  1. Siska mengatakan:

    You are my inspiration, I own few blogs and often run out from post🙂.

  2. designer handbags mengatakan:

    What do you think about replica handbags?

  3. My Forum mengatakan:

    Do you sell advertising space?

  4. […] : Drs. R. Okta Kurniawan. MM., Warta Dephan RI  No. 96 Th. XIV edisi Juli – Agustus 2002. ADAF UNJGroup untuk mahasiswa, […]

  5. […] kasus atau tugas bagi siswa dan cara menggunakan fasilitas ini sebagai media pembelajaran dan kunci belajar bagi guru. Untuk belajar mandiri memang bagus namun tidak terdapat interaksi di dalamnya karena […]

  6. sulaiman mengatakan:

    Mungkin setiap pelajaran ada metode yang sesuai untuk mempelajarinya, barangkali sekarang banyak orang pandai dan pinter-pinter, yang berarti para guru banyak yang berhasil dalam mendidik. barangkali yang lebih diperlukan untuk masa depan kita adalah mendidik siswa yang pandai, berakhlak, beriman, berbudi luhur dan berjiwa nasionalisme NKRI, agar masa depan negara kita lebih baik.

    • cenya95 mengatakan:

      Hmmm… kalo barangkali khan berupa pasir, batu kali, dsb, Pak.:mrgreen:
      jadi bukan barangkali, Pak… sudah seharusnya kita ini memikirkan masa depan bangsa dan negara.
      salam

  7. adizone23 mengatakan:

    nice posting…

    rajin belajar pangkal pintar
    malas belajar pangkal bodoh

    rajin-rajin malas pangkal gak belajar2 deh jadinya..

  8. melati_idol mengatakan:

    Yang terakhir
    “what i teach to another, i master”

    Saya sulit menerapkannya, ga tau knp susah bgt yg namanya menjelaskan ke yang lain. Entah itu bahasa saya yg belibet atau cara saya yg salah, pasti audiens ga pada mengerti. Saya ga bs jd master dong ya T-T

    • cenya95 mengatakan:

      🙂 Ada yang bilang jika murid bingung, guru berhasil membuat murid untuk mencari tahu lebih banyak.

      it’s ok. Bisa karena biasa… koq. Sering latihan ajah.

  9. Caride™ mengatakan:

    sekarang saya hanya bisa belajar melalui lingkungan saya saja pak okta, soalnya udh ndak sekolah lagi..
    lama ndak berkunjung dan bersilaturrahmi kesini, apakabar pak Okta dna keluarga?
    salam super hangat sehangat persaudaraan kita…

  10. coretan sayang mengatakan:

    salam kenal tukeran liks yuk

  11. cipstuff mengatakan:

    metodhe yang bagus pak

    sudah lama sekali saya tidak mampir kesini karena kesibukan. Semoga silaturahmi tetap terjaga

  12. kawanlama95 mengatakan:

    sejak TK kita diajarkan untuk mengejar nilai tapi bukan kualitas sehingga seringkali guru memaksakan kehendaknya, malah apa yang akan keluar nanti sudah diberitahu duluan. Waktu UAN, banyak juga ya yang ngasih tau. bener ga ya ?

    • cenya95 mengatakan:

      Perlu penyelidikan tuch… kebenarannya.
      Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang membuat soal beserta jawabannya sesuai kisi-kisi yang diberikan oleh Diknas melalui Puspendik. Puspendik ini lah yang menentukan soal yang akan diujikan.
      Mungkin ajah guru telah memberikan kisi-kisinya tapi kemampuan siswa memahaminya yang perlu dipertanyakan. Bukankah begitu ?

    • replica handbags mengatakan:

      I like handbags, do you?

  13. cantigi mengatakan:

    mantap uraiannya.
    saya setuju dengan pola pembelajaran interaktif.. ^^

  14. indra1082 mengatakan:

    mudah-mudahan nilai yg tinggi sepadan dengan kualitasnya..🙂

  15. darahbiroe mengatakan:

    wow mantap nuy gambaranya ttg kunci belajar
    bener banget belajar emng merelukan waktu yg tidak sekilas,

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasih😀

  16. hellgalicious mengatakan:

    artikelnya bagus
    kalo gue mah mending pilih kualitas daripada nilai

  17. muhammad zakariah mengatakan:

    amin.. ayo belajar tanpa putus asa.. bangsa ini akan maju klo orngnya pintar2 dan cerdas2.. hehe..😀

  18. edda mengatakan:

    Wow, bagus juga nih🙂

  19. diazhandsome mengatakan:

    mari belajar… supaya pintar… (slogan ter-standar di dunia):mrgreen:

  20. inspirasimenulis mengatakan:

    bagaimana kabarnya Om… lama gak kemari🙂

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan dan menerima pemberitahuan tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 1.043 pengikut lainnya

Halaman

Award

Dunia Nyata :

1. The Best Blog pada Lomba Blog Badiklat Dephan.

2. Juara Harapan Lomba WebBlog Korpri Dephan.

3. Winner Lucky Votter at 2nd IBSN Blog Award

Dunia Maya :

1. Award Nyante Aza Lae from Sarah

2. Award Gokilzz from Sarah

3. Award Oscar from Sarah

4. Special Award Special Day from Mahendra and from Aling

5. Friendly blogger award 2009 from Ofa Ragil Boy

6. Your blog is Fabulous from Newbiedika

7. Bertuah Award 2009 from Newbiedika and from wahyu ¢ wasaka

8. Kindly Blogger 2009 from Newbiedika

9. Smart Blogger from Newbiedika

10. Super Follower Award from Newbiedika

11. Your BLOG makes us SMILE from Newbiedika

12. Friendship Emblem from Newbiedika

13. Tutorit Friendship from Mahendra

14. Special Award Special 4U from Siti Fatimah Ahmad

15. Pasopati Award from Ali Haji, from newbiedika-fly, and from diazhandsome

16. Award Mawar Merah from OLVY

17. Bintang Wiki Wikipedia from Aldo Samulo

18. Award Perkasa - kau adalah yang terbaik from Siti Fatimah Ahmad

19. Award Truly Blogger from Pelangiituaku

20. Stylish Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad

21. Beginner Experienced Editor Wikipedia from Wagino & Mikhailov Kusserow

22. Very Inspiring Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad.

23. Liebster Award from Siti Fatimah Ahmad.

enjoy-jakarta

logo-ibsn-11

hiblogikoh

%d blogger menyukai ini: