FAITES COMME CHEZ VOUS

Beramal dengan ilmu dan pengalaman mulai dari rencana, organisasi, kontrol sampai evaluasi. Diharapkan dapat mencerdaskan bangsa demi negara tercinta, NKRI. Semoga bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Etika Sukses

Sukses dicari oleh banyak orang. Sukses bukan sebagai jabatan untuk diraih atau benda untuk dimiliki. Sukses bukan tujuan untuk dicapai. Sukses adalah proses (sebuah perjalanan) untuk dilalui. Sukses, apapun bentuknya sebaiknya dilakukan secara benar. Sukses yang diperoleh dengan cara tidak benar, takkan bertahan lama. Permasalahannya adalah bagaimana sukses menjadi sesuatu yang diakui dan diterima sebagai hasil jerih payah dan prestasi sendiri ?

Membangun sebuah sukses tidak bisa bersikap dan bertindak seenaknya karena ada etika yang harus dituruti sebagai undang-undang atau peraturan yang membatasi norma-norma perilaku. Dan etika tak dapat dihindari meskipun kita memiliki prinsip. Peraturan bersifat perintah. Prinsip dapat disesuaikan. Peraturan membawa kekakuan. Prinsip memberikan kemantapan dan fleksibilitas karena memungkinkan penyesuaian dengan keadaan yang berbeda-beda. Jadi seorang pemimpin atau manajer tidak memerlukan banyak peraturan dan memerlukan sekelompok kecil prinsip yang bertalian secara logis dan sah.

Prinsip utama adalah berbuat baik dan menghindari kejahatan. Kesulitannya bahwa orang, kelompok dan kebudayaan yang berbeda-beda mungkin merumuskan baik dan buruk dengan cara yang berlainan pula. Meskipun tidak terlalu jelas bagaimana prinsip ini harus diterapkan. Orang dengan cukup kecerdasan, pendidikan, dan pengalaman, biasanya dapat menyesuaikannya. Kita tidak perlu menjadi jenius dalam logika untuk menyadari bahwa KKN (kolusi, korupsi, nepotisme), kesewenang-wenangan, pembenaran yang menantang apa saja yang kita lakukan, adalah tindakan buruk. Sebaliknya menghormati hak azasi, memperlakukan karyawan dengan cara manusiawi, dan menolak menyuap dan menerima suap, adalah baik.

Mengetahui apa yang benar untuk dilakukan biasanya jauh lebih mudah daripada melakukannya. Manajer atau pemimpin tidak diharapkan untuk lebih sempurna dari manusia pada umumnya. Sebaliknya, harapan dan mandat meningkat jika seseorang tambah pesat wewenangnya, kekuasaannya, dan pengaruhnya. Pangkat tidak hanya memberi hak-hak istimewa, tetapi juga tambahan tanggung jawab untuk memberi contoh kelakuan yang tercela. Begitu juga dengan bawahan tidak hanya menuntut hak-haknya tetapi juga menjalankan kewajibannya. Apa yang dapat dilakukan mereka sedapat-dapatnya dalam batas-batas kemampuan manusiawi, perilaku etis, dan tindakan praktis.

Mereka dapat mengembangkan hati nurani yang jernih. Pada hakekatnya setiap orang harus mengikuti hati nuraninya. Hati nurani bukan soal perasaan atau emosi. Ia merupakan suatu proses intelektual dimana seseorang menimbang apakah suatu tindakan atau arah tindakan itu baik dan harus dilakukan, atau buruk dan harus dihindari. Jika merupakan fungsi hati nurani untuk memaksa orang mengalami rasa salah akibat tindakan yang bertentangan dengan keyakinannya, maka : dalam peranan pertama, perasaan dan emosi sedikit hubungannya dengan hati nurani, dan dalam peranan kedua, peranan perasaan dan emosi penting; hati nurani harus tahu : kita harus berusaha dengan sungguh-sungguh menemukan apa yang mendatangkan perilaku etis dan tidak etis. Di samping itu, hati nurani kita harus dewasa, realistis dan peka.

Mereka dapat berusaha keras mendapatkan keadilan. Keadilan berlaku jika tiap orang diberikan haknya. Syarat minimum untuk melindungi hak orang bilamana seseorang berusaha bersikap adil dalam berurusan dengan orang lain.

Mereka dapat mengembangkan suatu kode kelakuan pribadi yang realistis. Seseorang tidak begitu memerlukan penerangan intelektual sebesar keperluannya akan ketabahan hati untuk hidup denga suatu kode pribad yang cukup masuk akal dan efektif secara operasional. Sebaliknya, dia tidak mengagumkan kalau dia mempunyai kebiasaan berlindung di belakang pertahanan ”orang lain berbuat begitu juga”. Kadang-kadang keadaan memaksa bertindak berlawanan dengan kodenya, tetapi akhirnya dia harus memutuskan apa yang lebih baik: hidup sukses, berapapun biayanya, atau hidup dengan diri sendiri.

Jadi tidaklah terlalu sulit mengapai sebuah kesuksesan selama bersikap rendah hati, menghargai hak-hak orang lain, tidak melanggar kepatutan yang sudah disepakati bersama sebagai anggota masyarakat, selalu menegakkan kebenaran terhadap diri sendiri.

Filed under: Article, cenya, Diklat, , , , , , , , , , , , , , ,

19 Responses

  1. Elise mengatakan:

    Thank you a bunch for sharing this with all of us you really realize what you’re speaking about! Bookmarked. Kindly additionally discuss with my web site =). We could have a link trade arrangement among us

  2. Pon mengatakan:

    I’m really glad I have found this information. Nowadays bloggers publish just about gossips and net and this is actually irritating. A good web site with exciting content, this is what I need. Thank you for keeping this website, I will be visiting it.

  3. Tulus mengatakan:

    Thanks for your suggestions.

  4. ISZNa mengatakan:

    Wow, fantastic blog layout! You are my aspiration, I possess few web logs and very sporadically run out from post🙂.
    You made blogging look easy. The overall look of your site is magnificent, as well as the content!.
    Thanks

  5. […] Semoga meningkat kualitas kemampuan anak didik di NKRI. Rate this:Share this:Like this:SukaBe the first to like this. […]

  6. designer handbags mengatakan:

    I know many people like replica handbags and want to buy some.

  7. accan mengatakan:

    salam kenal
    harus patuh,,, 🙂

  8. Riyanti mengatakan:

    blogwalking…
    thankz ea udah berkunjung di rumah aku…
    gud luck sll tuk ngebloging ria-nya ^^

    btw, lam kenal ea n salam sayaankk ^^

  9. Jidat mengatakan:

    Sukses dunia akhirat lebih oke nih? hehehe

  10. indra1082 mengatakan:

    dimulai dari diri sendiri… *niat mode on*
    semoga sukses selalu🙂

  11. richo mengatakan:

    sikap saling menghargai sangat perlu di pupuk kembali di bumi ini biar kehidupan menjadi lebih damai dan tertib

  12. pengendara mengatakan:

    kopipaste:
    ”orang lain berbuat begitu juga”.:mrgreen:

    sepertinya ini tipikal orang Indonesia, untuk menghindari tanggung jawab dan pembenaran terhadap perbuatan yang nyata-nyata salah namun tetap dilakukan. CMIIW

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan dan menerima pemberitahuan tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 1.043 pengikut lainnya

Halaman

Award

Dunia Nyata :

1. The Best Blog pada Lomba Blog Badiklat Dephan.

2. Juara Harapan Lomba WebBlog Korpri Dephan.

3. Winner Lucky Votter at 2nd IBSN Blog Award

Dunia Maya :

1. Award Nyante Aza Lae from Sarah

2. Award Gokilzz from Sarah

3. Award Oscar from Sarah

4. Special Award Special Day from Mahendra and from Aling

5. Friendly blogger award 2009 from Ofa Ragil Boy

6. Your blog is Fabulous from Newbiedika

7. Bertuah Award 2009 from Newbiedika and from wahyu ¢ wasaka

8. Kindly Blogger 2009 from Newbiedika

9. Smart Blogger from Newbiedika

10. Super Follower Award from Newbiedika

11. Your BLOG makes us SMILE from Newbiedika

12. Friendship Emblem from Newbiedika

13. Tutorit Friendship from Mahendra

14. Special Award Special 4U from Siti Fatimah Ahmad

15. Pasopati Award from Ali Haji, from newbiedika-fly, and from diazhandsome

16. Award Mawar Merah from OLVY

17. Bintang Wiki Wikipedia from Aldo Samulo

18. Award Perkasa - kau adalah yang terbaik from Siti Fatimah Ahmad

19. Award Truly Blogger from Pelangiituaku

20. Stylish Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad

21. Beginner Experienced Editor Wikipedia from Wagino & Mikhailov Kusserow

22. Very Inspiring Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad.

23. Liebster Award from Siti Fatimah Ahmad.

enjoy-jakarta

logo-ibsn-11

hiblogikoh

%d blogger menyukai ini: