FAITES COMME CHEZ VOUS

Beramal dengan ilmu dan pengalaman mulai dari rencana, organisasi, kontrol sampai evaluasi. Diharapkan dapat mencerdaskan bangsa demi negara tercinta, NKRI. Semoga bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

To Kelud Mountain – Blitar – Panataran Temple

Bangun tidur, kuterus cuci muka, tidak lupa sikat gigi. Habis itu, berangkat ke pasar, beli sego tumpang…😆😀 Sesuai rencana, hari ini, kami pergi ke Kelud Mountain, ziarah ke the Tomb of Bung Karno, dan mengunjungi Panataran Temple. Sebuah perjalanan panjang melelahkan tampaknya. Namun di luar dugaan, wisata kali ini sungguh menggairahkan. Bernafsu ingin melihat keindahan Kelud sebagai bukti perkataan orang banyak.

Jalan menuju Gunung Kelud sangat berkelok dan curam. Cuaca pun tidak mendukung; berkabut bahkan sempat diguyur hujan. Perjalanan ini membutuhkan kewaspadaan yang sangat tinggi terhadap bahaya. Ujung jalan pun terasa jauh karena untuk pertama kali ke sini, suasana sepi dan tidak ditemukan tempat peristirahatan. Rasa penasaran itu pun hilang setelah sampai di tempat parker yang ternyata telah penuh, menandakan banyak pengunjung.

Untuk melihat anak Gunung Kelud, kita harus melalui terowongan gelap (tanpa lampu). Tidak diberi lampu untuk menambah keberanian dan memberikan nuansa seram. Bila tidak, kita dapat saja jalan dengan menaiki ratusan anak tangga dan menuruninya. Seperti biasa, bila sampai di tempat tujuan, mencari tempat atau sudut yang indah untuk berphoto ria. Setelah puas melihat-lihat dan berpose, kami pun menuju Blitar berziarah ke makam Soekarno.

Makan siang eh… makan nasi di dekat kompleks Bung Karno’s tomb, sangat tidak berselera karena tidak ada pilihan lain, hanya ada satu warung nasi, selebihnya toko suvenir. Selanjutnya, kami masuk keliling komplek makam, mulai dari makam… berdoa sebentar dan mengabadikan keadaan sekitar makam. Pintu masuk berbeda dengan pintu keluar… Nakal sedikit ach… keluar lewat pintu masuk karena mau berkunjung ke museum.

Di depan pintu museum, ada patung Bung Karno. Ujung salah satu sepatu berwarna keemasan akibat terlalu sering disentuh para pengunjung. Koleksi museum adalah perjalanan sejarah Bung Karno dalam gambar/lukisan/photo. Yang menarik adalah sebuah lukisan Bung Karno. Bila dilihat dengan seksama di bagian dada kiri lukisan berdetak. Karya yang hebat… dan indah. Selesai sudah kunjungan di kota Blitar. Kami pun menuju Candi Panataran, tidak lupa melakukan sedikit tawaf (keliling) alun-alun kota Blitar.😀

Candi Panataran terletak di sebelah utara Blitar (12 km ke utara kota Blitar) dan merupakan komplek percandian terluas di kawasan Jawa Timur. Komplek ini seluas 12.946 m2 dari barat-laut ke timur kemudian ke tenggara. Candi Penataran memiliki kekhasan dalam ikonografi (penulisan gambar) relief. Gaya reliefnya menunjukkan bentuk yang berbeda dari candi-candi di Jawa Tengah, sebelum abad ke-11. Relief binatang dapat ditemukan di setiap sudut Candi.

Di sini pun, kami, sebagai turis lokal, tidak lupa melakukan aktivas dokumentasi. Mulai dari gerbang Candi yang dijaga oleh dua penjaga pintu (Arca Dwarapala) kami mengucapkan salam dan minta ijin photo bersamanya. Kemudian, kami masuk ke bagian  Pelataran Depan. Di sini, terdapat Bale Agung sebagai tempat musyawarah para pendeta. Bale Agung merupakan sebuah bangunan yang berukuran 37 x 18,84 m dengan tinggi lantai 1,44 m. Sayangnya… tinggal lantai saja, sudah tidak ada atapnya.:mrgreen:

Di Pelataran Tengah, terdapat Candi Angka Tahun yang menghadap ke arah Barat. Candi ini disebut juga Candi Ganesha, karena di dalamnya terdapat Arca Ganesha. Namun masyarakat lebih mengenalnya sebagai Candi Brawijaya, karena digunakan sebagai lambang Kodam V/Brawijaya. Di sini pun, terdapat Candi Naga yang berbentuk bujursangkar dengan ukuran 4,83 x 6,57 m dan tinggi 4,70 m. Bagai sebuah mangkuk bila kita melihat dari Candi Utama.

Candi Utama (Induk) ini terletak di Pelataran Dalam. Candi ini terdiri atas 3 teras bersusun dengan total tinggi 7,19 m. Diameter teras pertama 30 m lebih dikit.  Pada teras pertama dapat ditemukan relief cerita di sepanjang dinding teras. Teras kedua tentunya berdiameter lebih kecil dari teras pertama. Pada dinding di teras pertama dan kedua berjajar panil pahatan cerita Ramayana dan Krisnayana yang diselingi hiasan bermotif medalion. Kami pun berkeliling membaca relief tersebut… gayanya seperti profesor saja.🙂 Teras ketiga berbentuk hampir bujur sangkar dan berupa emperan kosong. Dindingnya berreliefkan naga bersayap dengan kepala yang sedikit mendongak ke depan dan singa bersayap dengan kaki belakang pada posisi jongkok sedangkan kaki depan terangkat ke atas. Pahatan di dinding teras ketiga ini  untuk mengisi bidang kosong  dan berfungsi sebagai pilar bangunan.

Di selatan Candi Utama terdapat sebuah batu prasasti yang disebut Prasasti Palah. Prasasti ini menggunakan huruf Jawa Kuno. Huruf tersebut luntur sebagian, termakan umur. Karena bukan ahlinya… kami lewati sambil melirik huruf-huruf tersebut. Di sebelah tenggara kompleks ini, terdapat Kolam “Petirtaan” (tempat mandi)… airnya jernih dan  dingin… eeehhh, ada penghuninya… ikan…😀 Kami pun berphoto di sana.

Selesai sudah kunjungan hari ini, berwisata di Jawa Timur. Hati senang dan bersemangat kembali. Liburan akhir pekan pun berakhir. Bersiap go to Jakarta.

Tugas baru sudah menunggu di Jakarta, berkunjung ke Pemprov DIY.

Filed under: Indonésie, Jurnal, Monumen, Sejarah, , , , , , , , , , , , ,

16 Responses

  1. handbags mengatakan:

    why people like replica handbags? Because they are so cheap.

  2. Rizki Fitriani (elevenyears) mengatakan:

    Nggak salah ngirim, ya? (Sorry,sir. Aku ini orangnya kalau ngomentari mbulet).

  3. Rizki Fitriani (elevenyears) mengatakan:

    Maaf, salah kirim. Thanks, mister!

  4. Rizki Fitriani (elevenyears) mengatakan:

    Panataran is nice.

  5. the Success Ladder mengatakan:

    Very interesting article, thanks. Keep up the good work.

  6. mariasunarto mengatakan:

    cuma kuatir sobat terlalu capek dan karena cuaca,kadang2 bisa ambruk sakit.jangan lupa istirahat sobat,salam sukses perjalanan nya.

  7. kawanlama95 mengatakan:

    Salam kenal dari kami. Blog yang bagus. Tugas sekalian jalan-jalan pasti mengasikan ya.salam sukses

  8. investasi emas mengatakan:

    hello,…. salam kenal dlu dey,…

  9. Anton H Biantoro mengatakan:

    Hallo ! Sudah lama tidak berkunjung ke sini, ternyata sudah maju sekali ! Salam !

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan dan menerima pemberitahuan tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 1.043 pengikut lainnya

Halaman

Award

Dunia Nyata :

1. The Best Blog pada Lomba Blog Badiklat Dephan.

2. Juara Harapan Lomba WebBlog Korpri Dephan.

3. Winner Lucky Votter at 2nd IBSN Blog Award

Dunia Maya :

1. Award Nyante Aza Lae from Sarah

2. Award Gokilzz from Sarah

3. Award Oscar from Sarah

4. Special Award Special Day from Mahendra and from Aling

5. Friendly blogger award 2009 from Ofa Ragil Boy

6. Your blog is Fabulous from Newbiedika

7. Bertuah Award 2009 from Newbiedika and from wahyu ¢ wasaka

8. Kindly Blogger 2009 from Newbiedika

9. Smart Blogger from Newbiedika

10. Super Follower Award from Newbiedika

11. Your BLOG makes us SMILE from Newbiedika

12. Friendship Emblem from Newbiedika

13. Tutorit Friendship from Mahendra

14. Special Award Special 4U from Siti Fatimah Ahmad

15. Pasopati Award from Ali Haji, from newbiedika-fly, and from diazhandsome

16. Award Mawar Merah from OLVY

17. Bintang Wiki Wikipedia from Aldo Samulo

18. Award Perkasa - kau adalah yang terbaik from Siti Fatimah Ahmad

19. Award Truly Blogger from Pelangiituaku

20. Stylish Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad

21. Beginner Experienced Editor Wikipedia from Wagino & Mikhailov Kusserow

22. Very Inspiring Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad.

23. Liebster Award from Siti Fatimah Ahmad.

enjoy-jakarta

logo-ibsn-11

hiblogikoh

%d blogger menyukai ini: