FAITES COMME CHEZ VOUS

Beramal dengan ilmu dan pengalaman mulai dari rencana, organisasi, kontrol sampai evaluasi. Diharapkan dapat mencerdaskan bangsa demi negara tercinta, NKRI. Semoga bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Libur Lebaran di Garut

Hari Kedua

Pagi yang cerah. Udara dingin mulai pergi perlahan, diterpa sinar mentari. Kami pun bersiap-siap menuju objek pariwisata berikutnya. Selama ini, tujuan wisatawan berkunjung ke Garut adalah pemandian air panas Cipanas yang terletak di kaki Gunung Guntur. Ada Sebuah tempat yang sedang berkembang, menarik perhatian para wisatawan, yaitu Kawah Darajat.

Kawah Darajat merupakan lokasi pegunungan di Desa Padawaas, Kecamatan Pasirwangi Garut, dan merupakan bagian dari barisan gunung Papandayan dengan jumlah kawah aktif dan 24 sumur uap yang digunakan sebagai tenaga Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) untuk penerangan Jawa Bali.

Kawah Darajat telah menjelma menjadi suatu ikon baru karena bukan hanya sebagai tempat pengeboran gas alam, tetapi juga sebagai tempat tujuan wisata baru di Garut. Objek wisata ini memiliki daya tarik berupa kawah yang menghasilkan uap panas serta reka bentuk alam berupa pegunungan dan perkebunan. Luas keseluruhan Kawasan ini sekitar 40 Ha. Potensi keindahan alam tidak kalah dibandingan dengan Lembang.

Pengunjung yang datang ke kawasan Kawah Darajat dapat melakukan aktivitas wisata tracking, menikmati pemandangan dan penelitian gunung berapi serta wisata air panas. Dan terdapat 6 tempat wisata air panas di kawasan ini yang dapat dikunjungi. 3 diantaranya merupakan waterpark, waterboom dan tempat outbond. Ini yang menarik para wisatawan lokal terhadap tempat tersebut. Hal ini dapat dilihat dari plat kendaraan, mulai dari motor, mobil sampai bis wisata.

Untuk berkunjung ke Kawah Darajat dapat menggunakan mobil pribadi atau kendaraan umum dari Terminal Guntur dengan rute Tarogong Pasirwangi dengan biaya Rp. 3000/orang. Perjalanan menuju ke Kawah Darajat mulai dari jalan Raya Garut (Tarogong), Samarang, Pasirwangi, Darajat padat merayap dan menanjak. Sebuah uji kesabaran dan keterampilan mengemudi serta uji kondisi kendaraan.

Kepadatan pengunjung sebagai bukti daya tarik tempat ini, namun sudah melebihi kapasitas sehingga parkir cukup susah. Kami mau masuk ke arena kolam renang, tetapi tidak jadi karena pemandangannya  tak sedap dan tak nyaman. Kolam renang sudah menjadi tempat bermain air bukan lagi untuk berenang karena padatnya pengunjung. Akhirnya, kami duduk-duduk di tepi jalan, menikmati panorama Kawah Darajat.

Sudah satu jam berlalu. Kami menikmati pemandangan alam yang indah. Udara yang sejuk membuat panas matahari tak terasa di tubuh ini. Hmmm… sudah waktunya turun dari Kawah Darajat. Perjalanan pulang menuju kota Garut tidak jauh berbeda dengan perjalanan pergi menuju Kawah Darajat. Macet luar biasa. Kemacetan ini membuat mesin mobil ku panas sehingga indikator mesin menyala. Sebuah pertanda untuk berhenti. Kami mencari tempat yang agak luas untuk memarkirkan mobilku. Maklum, akses ke Kawah Darajat cukup untuk dua kendaraan roda empat atau lebih.

Kutemukan tempat yang cocok untuk beristirahat sejenak untuk mengecek mesin, terutama air radiator yang berfungsi sebagai pendingin mesin. Kubuka tutup radiator dengan kondisi mesin menyala. Whusss…. Angin yang keluar dari radiator. Habis airnya. Segera kuisi penuh dan indikator mesin normal kembali. Sebuah pertanda, kami dapat melanjutkan kembali perjalanan wisata ini. Tujuan berikutnya adalah Sukaregang, Sentra Industri Kulit. Sukaregang terletak tidak jauh dari pusat kota Garut.

Saat memasuki Sukaregang, di Jl. Ahmad Yani, kami melihat banyak toko yang menjual jaket kulit. Tidak hanya jaket kulit yang dijual, aneka barang yang terbuat dari kulit pun ada di sini. Model yang ditawarkan bervariasi dan menarik untuk dilihat dan dibeli. Banyak pilihan yang diinginkan membuat kami bingung. Bingung karena kami memperhitungan kapasitas barang yang dibawa pulang ke Jakarta. Akhirnya, diputuskan membeli barang sesuai kebutuhan dan cocok di hati. Dan banyak juga yang kami beli. Wisata belanja pun selesai. Tak terasa, cukup lama juga, kami berada di Sentra Industri Kulit.

Hari pun mulai gelap. Kami kembali ke tempat peristirahatan kami di Wanareja.

Hari sebelumnya …                                                                   Hari berikutnya

Filed under: Article, cenya, Cerpen, IBSN, Indonésie, Jurnal, NaBloPoMo09, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

6 Responses

  1. Juragan Online mengatakan:

    Assalamualaikum mbak,btw asyik dong ya plesiran nieh hehehhe🙂 btw lam kenal dari pekalongan yakzz,oiya kok guest booknya: enggak ada ya xixiixi !!!!

  2. Tukang Emas mengatakan:

    … Bagi Anda yang mau bepergian ke kota Garut, sebaiknya baca dulu artikel ini (promosi kota sendiri he..), disini akan diberikan sedikit informasi tentang garut, diantaranya tempat wisata yang sering dikunjungi dan wisata belanja. Jika ada yang mau nambahin silahkan isi di komentar. Garut tersohor dengan julukan “Garut Kota Intan”. Intan sendiri kepanjangan dari Indah Tenteram, Aman dan Nyaman. Garut secara geografis terletak di bumi bagian selatan yang dikelilingi gunung2 dengan ketinggian rata-rata 700-750 meter di atas permukaan laut dengan iklim tropis (suhu) rata-rata 24.3 derajat celcius, 27.3 derajat celcius, dingin-dingin empuk. …

  3. jajang mengatakan:

    hari pertama seru y

  4. […] Hari Ketiga […]

  5. DR Fadh mengatakan:

    Manthab, plesir trus pak. Ajak2 aq dunk🙂

  6. Lihat: […] « Hari Pertama » […]

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan dan menerima pemberitahuan tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 1.043 pengikut lainnya

Halaman

Award

Dunia Nyata :

1. The Best Blog pada Lomba Blog Badiklat Dephan.

2. Juara Harapan Lomba WebBlog Korpri Dephan.

3. Winner Lucky Votter at 2nd IBSN Blog Award

Dunia Maya :

1. Award Nyante Aza Lae from Sarah

2. Award Gokilzz from Sarah

3. Award Oscar from Sarah

4. Special Award Special Day from Mahendra and from Aling

5. Friendly blogger award 2009 from Ofa Ragil Boy

6. Your blog is Fabulous from Newbiedika

7. Bertuah Award 2009 from Newbiedika and from wahyu ¢ wasaka

8. Kindly Blogger 2009 from Newbiedika

9. Smart Blogger from Newbiedika

10. Super Follower Award from Newbiedika

11. Your BLOG makes us SMILE from Newbiedika

12. Friendship Emblem from Newbiedika

13. Tutorit Friendship from Mahendra

14. Special Award Special 4U from Siti Fatimah Ahmad

15. Pasopati Award from Ali Haji, from newbiedika-fly, and from diazhandsome

16. Award Mawar Merah from OLVY

17. Bintang Wiki Wikipedia from Aldo Samulo

18. Award Perkasa - kau adalah yang terbaik from Siti Fatimah Ahmad

19. Award Truly Blogger from Pelangiituaku

20. Stylish Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad

21. Beginner Experienced Editor Wikipedia from Wagino & Mikhailov Kusserow

22. Very Inspiring Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad.

23. Liebster Award from Siti Fatimah Ahmad.

enjoy-jakarta

logo-ibsn-11

hiblogikoh

%d blogger menyukai ini: