FAITES COMME CHEZ VOUS

Beramal dengan ilmu dan pengalaman mulai dari rencana, organisasi, kontrol sampai evaluasi. Diharapkan dapat mencerdaskan bangsa demi negara tercinta, NKRI. Semoga bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Day 3 : Bukittinggi Padang pp.

Hari ini, kami sarapan lontong sayur dan sate ayam di ruang makan yang menjadi satu dengan lobby hotel. Tujuan wisata kali ini adalah kota Padang dan sekitarnya. Sebelum berangkat, kami mengecek kembali kondisi Toyota Inova kami karena perjalanan yang kami akan tempuh sejauh 90,5 km berkelok. Setelah yakin akan kondisi mobil, kami berangkat ke arah tenggara, menuju kota Padang.

Sepanjang perjalanan kami tidak banyak berbicara, hanya melihat pemandangan dan belum ada yang menarik perhatian kami. Saat kami memasuki jalan raya Padang Bukittinggi, daerah Gunung Singgalang di Kecamatan Sepuluh Koto, kami berhenti. Tempat parkirnya cukup luas.D3 air terjun lembah anai

Perhentian pertama, Air Terjun Lembah Anai terletak di tepi jalan Raya Padang-Bukittinggi, air terjun ini sebenarnya terletak di kawasan cagar alam Lembah Anai, Kabupaten Tanah Datar. Airnya jernih dan merupakan bagian dari aliran Batang Lurah dalam. Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 50 meter ini punya pemandangan luar biasa, sangat elok dan eksotis. Dasar air terjun berbentuk kawah tempat air berkumpul. Dan banyak pengunjung mandi di bawah guyuran air terjun. Di lokasi ini, kami hanya berphoto dan melihat pemandangan di sekitar air terjun. 30 menit di lokasi, kami rasakan sudah cukup nikmat.

Kami lanjutkan perjalanan menuju pemberhentian berikutnya; Jembatan Siti Nurbaya, namun perjalanan kami terhambat di Kecamatan Kayu Tanam karena setiap hari senin, ada pasar grosir untuk para pedagang. Kami sempat berhenti di mesjid untuk membuang hajat kecil. Di sini lah, kami tahu penyebab kemacetan di daerah tersebut. Selasa pagi pun akan macet seperti ini karena ada pasar eceran. Mobil kami merayap menyusuri jalan Padang Bukittinggi ini.

Menjelang tengah hari, Jembatan Siti Nurbaya tampak di hadapan kami. Jembatan ini menghubungkan daerah Muaro (kota Padang) dengan Kampung seberang padang (Bukit Gado Gado/Sentiong) yang terbelah oleh sungai Batang Arau. Sungai ini bermuara ke Samudra Indonesia. Jembatan ini tepatnya berada di daerah Kota Tua, Padang. di kiri kanan jembatan disediakan akses untuk pejalan kaki dan lampunya jika diperhatikan membentuk kombinasi rumah gadang. Dalam bayanganku; jembatan ini akan terlihat lebih cantik di malam hari, dimana lampu-lampu tersebut akan berbentuk rumah bagonjong/rumah gadang ciri khas bangunan di Sumatera Barat khususnya ranah Minang. Dan dari atas Jembatan, pada siang hari, kita bisa melihat pemandangan Bukit Gunung Padang. Dan dibelakangnya, kita bisa melihat pemandangan kota tuanya Padang, kota jaman kolonial Belanda serta kapal-kapal nelayan yang merapat.
D3 jembatan siti nurbayaDi awal jembatan, kita dapat menemukan tempat penjualan oleh-oleh khas minangkabau yang terkenal seperti keripik balado/san jai, dakak-dakak, rendang, dll yaitu toko Christine Hakim dan Toko Nipah. Kami memasuki toko oleh-oleh tersebut. Kami lihat beraneka ragam makanan tersedia. Kami pilih dan hasilnya empat kardus oleh-oleh memenuhi bagasi mobil. Cukuplah sudah berbelanja oleh-oleh. Kami pun melanjutkan perjalanan keliling Kota Tua sebelum menuju Pelabuhan Teluk Bayur.

Pelabuhan Teluk Bayur adalah salah satu pelabuhan yang terdapat di Kota Padang. Pelabuhan Teluk Bayur sebelumnya bernama Emmahaven yang dibangun pada zaman kolonial Belanda antara tahun 1888 sampai 1893. Pelabuhan ini berfungsi sebagai pintu gerbang antar pulau serta pintu gerbang arus keluar masuk barang ekspor-impor dari dan ke Sumatera Barat. Kami hanya melewati pelabuhan Teluk Bayur dan menuju Teluk Bungus. Dalam perjalanan ke Teluk Bungus, kami menikmati pemandangan pantai yang bagus sekali. Kami melihat kesibukan pelabuhan Teluk Bayur dari atas bukit. Perjalanan yang berkelok-kelok dan naik turun bukit tidak terasa karena pemandangan yang indah di sepanjang jalan, perpaduan antara hutan, tebing karang, dan pantai.

Kami memasuki Pantai Teluk Bungus yang dikenal dengan nama Pantai Carolina di Kota Padang. Objek wisata Pantai Carolina terletak di Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Menurut informasi yang kami dapat bahwa Pantai Carolina memiliki pemandangan alam yang indah, secantik namanya, pasir pantai yang putih bersih dan air laut yang biru merupakan suatu perpaduan warna yang sangat menakjubkan. Pantainya landai, pasirnya lembut, lautnya tenang, sehingga cocok untuk bermain pasir, berenang, berlayar dengan perahu, naik banana boat, atau sekadar duduk-duduk. Namun kami tidak jadi mengunjunginya karena kami tidak menemukan tempat yang cocok untuk beristirahat. Kami pun melanjutkan perjalanan ke arah Pantai Painan. Dan kami berhenti di Simpang PPS Bungus “Ni Yas”, waktunya makan. Di Rumah makan ini, makanan disediakan seperti rumah makan minang. Rasa masakannya agak khas karena dimasaknya menggunakan kayu bakar.D3 Teluk Bayur par Bungus

Selesai makan, kami tidak menuju ke Pantai Painan tetapi kembali ke arah kota Pandang untuk mengunjungi Pantai Air Manis di Kecamatan Padang Selatan. Pantai ini memiliki pesona yang indah dengan gulungan ombak yang semilir dan angin sepoi-sepoi yang membuat suara ombak terdengar lembut, menyusuri pantai dan membuat nuansa menjadi sejuk dan tenteram, meskipun terik matahari menyengat. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna coklat keputih-putihan yang terhampar luas dan landai di sepanjang bibir pantai. Di Pantai ini, terdapat prasasti “Malin Kundang”. Prasasti tersebut berupa batu dari puing-puing bekas kapal dan Malin Kundang. Batu tersebut merupakan wujud dari Kaba (cerita tradisional Minangkabau); Malin Kundang. Cerita ini berkisah tentang seorang anak yang durhaka pada ibunya dan dikutuk menjadi batu. Para wisatawan dapat menyaksikan dari dekat Batu Malin Kundang dan berphoto ria.D3 Pantai Manis Malin Kundang

Menjelang sore hari, setelah puas bermain air pantai dan mencari kulit kerang. Kami kembali ke Bukittinggi. Di pertengahan jalan, kami mampir ke Mesjid Nurul Iman, dekat alun-alun kota Padang, untuk melaksanakan ibadah sholat.

Kembali ke rute yang sama, melalui Padang Panjang. kami merencanakan wisata kuliner di Sate Mak Syukur (SMS). Sayang rencana tinggal rencana, sampai di sana, restauran SMS sudah tutup. Akhirnya, kami masuk ke Restauran Saiyo, makan sate sebelum kembali ke Hotel.

Hari sebelumnya …                                               Hari berikutnya

Filed under: Article, cenya, Cerpen, IBSN, Indonésie, Jurnal, NaBloPoMo09, , , , , , , , , , , , ,

3 Responses

  1. SITI FATIMAH AHMAD mengatakan:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Cenya….

    Perjalanannya disambung lagi dengan catatan yang mengesankan. Saya bisa memahami perjalanan ke Kota Padang melalui tulisan mas Cenya yang detail.

    Bukankah Padang itu dulu tempat gempa bumi yang dahsyat. Apakah sudah membangun kembali dan kesan gempa bumi itu masih ada lagi ? Jika dilihat dari foto mas Cenya di atas, seperti keadaan di sana sudah pulih kembali.

    Salam hormat dari Sarikei, Sarawak.😀

    • Cenya95 mengatakan:

      Betul, Mbak Siti. Memang daerah tersebut rawan gempa dan keadaan sekarang, kota Padang sudah pulih kembali.
      Mbak Siti, Rumah Adat Minangkabau didirikan menggunakan konstruksi anti gempa, jadi tetap kokoh berdiri.🙂
      Semoga keinginan mengunjungi kota Bukittinggi-Padang terkabul.
      Slam hormat kembali dari Batavia.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan dan menerima pemberitahuan tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 1.043 pengikut lainnya

Halaman

Award

Dunia Nyata :

1. The Best Blog pada Lomba Blog Badiklat Dephan.

2. Juara Harapan Lomba WebBlog Korpri Dephan.

3. Winner Lucky Votter at 2nd IBSN Blog Award

Dunia Maya :

1. Award Nyante Aza Lae from Sarah

2. Award Gokilzz from Sarah

3. Award Oscar from Sarah

4. Special Award Special Day from Mahendra and from Aling

5. Friendly blogger award 2009 from Ofa Ragil Boy

6. Your blog is Fabulous from Newbiedika

7. Bertuah Award 2009 from Newbiedika and from wahyu ¢ wasaka

8. Kindly Blogger 2009 from Newbiedika

9. Smart Blogger from Newbiedika

10. Super Follower Award from Newbiedika

11. Your BLOG makes us SMILE from Newbiedika

12. Friendship Emblem from Newbiedika

13. Tutorit Friendship from Mahendra

14. Special Award Special 4U from Siti Fatimah Ahmad

15. Pasopati Award from Ali Haji, from newbiedika-fly, and from diazhandsome

16. Award Mawar Merah from OLVY

17. Bintang Wiki Wikipedia from Aldo Samulo

18. Award Perkasa - kau adalah yang terbaik from Siti Fatimah Ahmad

19. Award Truly Blogger from Pelangiituaku

20. Stylish Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad

21. Beginner Experienced Editor Wikipedia from Wagino & Mikhailov Kusserow

22. Very Inspiring Blogger Award from Siti Fatimah Ahmad.

23. Liebster Award from Siti Fatimah Ahmad.

enjoy-jakarta

logo-ibsn-11

hiblogikoh

%d blogger menyukai ini: